Kerja Sama PDAM Tanggung Jawab Direksi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Kerja Sama PDAM Tanggung Jawab Direksi

JAKARTA – Fakta persidangan lanjutan praperadilan kedua Ilham Arief Sirajuddin (IAS)  melawan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Pengadilan Negeri Jaksel, Senin (6/7), terungkap bahwa Kerja Sama PDAM adalah tanggung jawab langsung para direksi yang teken kontrak kerja sama.

Itu terungkap saat KPK menghadirkan Bastian Lubis, mantan sekretaris badan pengawas PDAM Makassar sebagai ahli fakta di sidang praperadilan atas gugatan mantan walikota Makasar itu. Dalam kesaksiannya Bastian menyampaikan sejumlah proses yang dilalui sebelum kerja sama antara PDAM dan PT Traya dilaksanakan. Di antara prosesnya adalah adanya persetujuan DPRD tentang kerja sama tersebut.

“Ada persetujuan Ketua DPRD,” kata Bastian dihadapan majelis Hakim.

Bastian juga menyebutkan bahwa tanggung jawab atas konsekuensi dalam kerja sama adalah menjadi tanggungan direksi. “Direksi yang bertanggung jawab,” kata Bastian saat menjawab pertanyaan tim pengacara IAS terkait penanggung jawab jika kerja sama PDAM

Dalam sidang ini Bastian juga menyebutkan bahwa dia dipanggil sebagai saksi oleh KPK atas kasus yang sama dengan kasus IAS sebelumnya yang terbukti gugur secara hukum karena sudah dibatalkan oleh putusan praperadilan tertanggal 12 Mei 2015. (hrm)

To Top