Menteri Gobel: Harga Turun Jelang Lebaran – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Menteri Gobel: Harga Turun Jelang Lebaran

JAKARTA-Pemerintah mengklaim, Perpres 71/2015 tentang upaya menjadi stabilitas harga-harga barang mulai berhasil. Buktinya, menjelang Lebaran ini, harga-harga kebutuhan pokok relatif stabil. Bahkan, beberapa barang justru turun.

“Mengenai harga perkembangan kebutuhan bahan pokok, harga di pasar tradisional secara rata-rata stabil dan cenderung turun dengan kisaran kenaikan 0,2 persen. (Yang stabil) adalah gula, tepung terigu, kedelai lokal, kedelai impor, dan cabai rawit merah. Yang turun itu beras, minyak goreng, daging sapi, daging ayam ras, telur ayam ras, cabai merah kriting, cabai merah, bawang merah, dan bawang putih,” jelas Mendag Rachmat Gobel di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (6/7).

Rachmat mengakui, untuk beberapa daerah memang terjadi kenaikan. Namun, jika dihitung secara nasional terjadi penurunan.

“Yang disampaikan ini rata-rata nasional. Berbeda dengan pasar di daerah,” imbuhnya.

Mendag juga mengklaim, pasokan bahan-bahan kebutuhan pokok menjelang Lebaran ini telah aman. “Pasokannya di seluruh provinis cukup, dengan stok dan pasokan memenuhi kebutuhan 1-5 bulan ke depan,” imbuhnya.

Namun, pemerintah tidak akan puas diri. Pemerintah terus akan berupaya menjaga harga-harga dan stok barang. Selain melalui Perpres 71, pemerintah juga terus emlakukan koordinasi dengan pemerintah daerah, lembaga produser, dan pengusaha untuk menjaga harga.

Pemerintaj juga terus melakukan operasi pasar untuk masyarakat berpendapatan rendah. “Untuk penurunan disparitas harga, bersama Kementerian Perhubungan lakukan gerai maritim sebagai pilot project yang sudah dilakukan 2 minggu lalu. Kemudian dengan adakan pemantauan harga dan stok. Di samping itu, ada optimalisasi perdagangan antar pulau dan pemanfaatan sarana distribusi seperti pasar rakyat modern,” tandasnya. [sam/rmol]

loading...
Click to comment
To Top