Rizal Ramli Layak Masuk Tim Ekonomi Jokowi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Rizal Ramli Layak Masuk Tim Ekonomi Jokowi

JAKARTA – Isu reshuffle terus bergeming. Bahkan, hingga tim ekonomi Presiden Joko Widodo (Jokowi) paling santer disebut-sebut bakal mengalami perombakan. Pasalnya, kinerja para menteri di bidang ekonomi paling banyak mendapatkan sorotan.

Politikus Partai Hanura Fauzih Amro mengakui  bahwa evaluasi terhadap tim ekonomi kabinet pemerintahan Jokowi mendesak untuk dilakukan. Menurutnya, Jokowi butuh ekonom yang punya rekam jejak sempurna. “Mereka harus memperbaiki laju pertumbuhan ekonomi termasuk menanggulangi nilai tukar rupiah yang terus melemah,” kata Fauzih.

Saat ini muncul beberapa nama yang digadang-gadang layak mengisi tim ekonomi Jokowi di dalam kabinet. Paket pertama adalah Darmin Nasution dan Chatib Basri. Keduanya disebut-sebut sebagai titipan mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani. Kemudian, paket kedua ada nama ekonom senior Rizal Ramli dan Menkeu saat ini Bambang Brodjonegoro. Menurut beberapa kalangan, mereka layak diposisikan sebagai Menko Perekonomian atau Menteri Keuangan.

“Kalau Hanura setuju malah empat-empatnya masuk. Baik itu Darmin Nasution, Rizal Ramli, Chatib Basri, dan Bambang Brojonegoro. Mereka bisa berkolaborasi mengatasi masalah ekonomi saat ini,” jelasnya usai buka puasa bersama di rumah dinas, komplek DPR RI, Kalibata, Jakarta (Minggu, 5/7)

Menurut Fauzih yang juga anggota komisi V DPR itu, Hanura melalui Ketua Umum Wiranto memang telah memberikan masukan kepada Presiden Jokowi untuk mengevaluasi Kabinet Kerja. Khususnya kinerja menteri-menteri di sektor ekonomi.  “Saat ini pertumbuhan ekonomi jelas melorot, daya tukar rupiah melemah, serta daya beli masyarakat yang jauh menurun,” bebernya. (wah/mas/jpnn)

To Top