Roberto Carlos jadi Manager di ISL – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Roberto Carlos jadi Manager di ISL

NEW DELHI – Mantan bek Timnas Brasil dan Real Madrid Roberto Carlos akhirnya resmi menjadi manajer klub Delhi Dynamos yang bermain di Indian Super League (ISL). Hal tersebut diumumkan melalui akun Facebook resmi klub kemarin (5/7).

“Saya datang kepada kalian dan di klub ini. Saya ingin menang bersama kalian,” kata pria 42 tahun itu melalui pesan video di akun Facebook Delhi Dynamos.

Keberadaan Carlos sekaligus menggantikan kepala pelatih asal Belanda Harm van Veldhoven. Terpilihnya Carlos sebagai manajer Delhi Dynamos tidak lepas dari pengalamannya melatih dua klub asal Turki yakni Sivasspor dan Akhisar Belediyespor.

Selain itu, Carlos yang dikenal memiliki tendangan bebas yang keras, berkontribusi mengantarkan Brasil hingga mencapai final Piala Dunia 1998 dan juara dunia tahun 2002. Dia juga memiliki karier yang mentereng selama berkostum Real Madrid. Selama 10 tahun karirnya di Los Blancos pada 1996-2006, Carlos mampu membukukan 67 gol dari 512 penampilannya.

Mantan pelatih India Armando Colaco menyambut gembira kedatangan pria berkepala pelontos itu. “Siapa saja yang berasal dari level lebih tinggi di sepakbola memiliki banyak hal yang bisa ditawarkan kepada India,” ujar Colaco sebagaimana dilansir dari Reuters.

“Dia telah bermain di bawah penanganan pelatih terbaik di Real Madrid dan Brasil. Dia pasti bisa memberikan ilmu yang berharga di sini. Jadi, sekarang tinggal pemain dan pelatih untuk menyerap ilmu darinya,” tambahnya.

Namun, tidak semua orang meyakini kemampuan Carlos sebagai manajer di Delhi Dynamos. Mereka menilai, keberadaan Carlos tidak terlalu berdampak terhadap liga sepakbola India.

“Terlepas dari euphoria, itu semua tidak akan berdampak kepada sepakbola India. Dia tidak datang dalam jangka waktu yang lama dalam perannya sebagai pelatih. Aksinya di lapangan juga tidak akan terlihat,” ujar seorang penulis sepakbola India Jaydeep Basu.

Meski demikian, kehadiran Carlos membuktikan bahwa Liga Super India adalah liga yang cukup menjanjikan. Itu terlihat setelah beberapa mantan bintang dunia yang merumput di sana. Sebut saja Alessandro Del Piero, Robert Pires, Luis Garcia dan David Trezegue yang pernah bermain di liga tersebut.

Selain itu, ada mantan striker Prancis dan Juventus Nicolas Anelka memilih kembali bergabung dengan ke Mumbai City FC. Tidak hanya berperan sebagai pemain, Anelka juga sekaligus menjadi manajer di klub tersebut.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Mumbai City yang memberi saya kesempatan untuk menjadi pelatih di klub ini,” kata mantan bintang Real Madrid, Arsenal, Chelsea, dan Juventus itu.

Bersama Mumbai City, pemain 36 tahun itu sebelumnnya sukses menyumbang dua gol di musim pertama Indian Super Legue. “Kami amat bergairah menghadapi musim kedua. Saya sendiri sangat ingin merasakan bagaimana rasanya jadi manajer sekaligus menjadikan tim kami sangat kompetitif,” terangnya.

Liga Super India dijadwalkan bakal bergulir mulai 3 Oktober hingga 20 Desember. (okt)

loading...
Click to comment
To Top