PKN Kasus Ilham Belum Rampung – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

PKN Kasus Ilham Belum Rampung

FAJARONLINE, JAKARTA — Gugatan praperadilan kedua Ilham Arief Sirajuddin (IAS) terhadap KPK, semakin menarik. Dua saksi yang diajukan KPK, justru “berpihak” ke mantan wali kota Makassar itu.

Saksi pertama yang tampil memberikan keterangan kemarin adalah mantan pengawas PDAM Makassar, Bastian Lubis. Ia menjadi saksi fakta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Bastian mengatakan, Direksi PDAM yang seharusnya lebih dahulu bertanggung jawab atas kerugian kerja sama PDAM Makassar dengan PT Traya Tirta. “Yang bertanggung jawab harusnya pihak Direksi PDAM Makassar dulu. Bukan Pak IAS sebagai Wali Kota Makassar saat itu,” kata Bastian di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin 6 Juli.

Sepengetahuan Bastian, keterlibatan IAS dalam kontrak kerja sama antara PDAM Makassar dengan PT Traya adalah pemberi izin. Sebab, kata dia, kerja sama perusahaan daerah dengan pihak swasta di atas satu tahun harus sesuai izin wali kota.

“Tapi sebelum wali kota memberika izin, kami sebagai pihak pengawas PDAM Makassar saat itu memberikan pertimbangan-pertimbangan kepada wali kota dalam hal ini Pak IAS. Di antaranya, agar kerja sama itu dilakukan sesuai aturan perundang-undangan dan tidak membebani PDAM Makassar,” ungkap Bastian. (fmc-zuk/ars-min)

Untuk selengkapnya, baca Harian Fajar dan Epaper edisi 7 Juli 2015

loading...
Click to comment
To Top