H-1 Sebelum Penetapan, Kandidat PNS Harus Mundur – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

H-1 Sebelum Penetapan, Kandidat PNS Harus Mundur

GROBOGAN, RAJA – Sehari sebelum penetapan para calon bupati (Cabup) dan calon wakil bupati (wabup) pada tanggal 24 Agustus 2015 mendatang, maka kanddiat yang berlatar belakang Pegawai Negeri Sipil (PNS), TNI, POLRI termasuk pejabat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) harus menyerahkan surat pengajuan pemberhentian dari jabatannya.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua KPUD Grobogan Afrosin Arif saat dalam Rapat Koordinasi (Rakor) yang membahas syarat-syarat pencalonan sebagai bupati dan wakil bupati bagi para calon yang berasal dari PNS, TNI dan Polri termasuk pejabat BUMN dan BUMD.
”Syarat itu sebagai kelengkapan khusus yang harus dipenuhi sesuai peraturan yang ada,” jelas Afrosin, Selasa (7/7).
Adapun persyaratan lainnya, menurut Afrosin, usia cabup dan cawabup minimal 25 tahun, sehat secara jasmani dan rohani berdasarkan hasil pemeriksaan tim dokter dan tidak pernah dijatuhi pidana penjara berdasarkan keputusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.
“Selain itu, calon juga tidak sedang dicabut hak pilihnya berdasarkan keputusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap serta tidak mempunyai tanggungan secara perseorangan atau badan yang merugikan keuangan negara ditambah dengan keputusan parpol pengusung di tingkat pusat tentang pasangan calon,” imbuhnya.
Berkas pendaftaran para calon juga harus dilampiri Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), daftar kekayaan pribadi, tidak sedang dinyatakan pailit berdasarkan keputusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap, memiliki nomor pokok wajib pajak (NPWP) dan daftar riwayat hidup.
“Pendaftaran cabup dan cawabup untuk Pilkada tanggal 9 Desember 2015 di Kabupaten Grobogan, dibuka mulai 26-28 Juli 2015. Pemeriksaan kesehatan dilaksanakan 26 Juli -1 Agustus 2015 di RSUD R Soedjati Purwodadi dilanjutkan penelitian berkas para calon, 3-4 Agustus 2015 dan pemberitahuan hasil penelitian berkas, 4-7 Agustus 2015 mendatang,” papar Afrosin.
Acara tersebut digelar di Aula KPUD setempat dengan dihadiri oleh semua pengurus parpol, Sekwan, IDI dan BKD. (awg)

To Top