Ini Biar Daya Tahan Tubuh Terjaga Saat Puasa – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Kesehatan

Ini Biar Daya Tahan Tubuh Terjaga Saat Puasa

FAJARONLINE, MAKASSAR – Menjaga kondisi tubuh agar tetap fit saat berpuasa sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Rahasianya hanya satu, pola makan yang tepat.

Pola makan itu masalah sugesti, yaitu cara anda memandang apa itu puasa. Tubuh akan memberikan tanda mengenai apa yang membuat anda lemas dan lesu, terutama saat berpuasa.

Spesialis penyakit dalam, Dr dr Hasyim Kasim punya tips agar daya tahan tubuh saat berpuasa tetap terjaga meski harus terus beraktivitas.

“Keseimbangan saat berpuasa sangat dibutuhkan, aktivitas jangan berlebihan, hindari terkena sinar matahari langsung karena dapat mengurangi cairan tubuh yang tentunya menghilangkan elektrolit,” ungkapnya.

Ia menganjurkan, saat sahur, baiknya makan jangan terlalu cepat, tunggulah sekitar 40 menit sebelum imsak. Jangan berlebihan dan terlalu kenyang karena akan memacu tubuh sehingga keseimbangan tidak stabil.

“Pada saat buka puasa juga sebaiknya minum air putih dulu, dan yang ringan. Jangan terlalu manis, untuk makan berat baiknya setelah shalat isya atau tarwih kemudian minum air dimalam hari secara bertahap, intinya pola makan saat sahur hingga berbuka harus dijaga dan tubuh akan terus seimbang,” papar sekertaris umum Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran Unhas 2014-2018 ini.

loading...
Click to comment
To Top