Ini Langkah Menteri PU Cegah Kecelakaan di Tol – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Ini Langkah Menteri PU Cegah Kecelakaan di Tol

JAKARTA-Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadimoeljono me‎nganggap kecelakaan mobil ‎Grand Max sampai terbakar di Tol Cipali kemarin malam bukan karena kondisi tol dan kurangnya pengamanan. Kecelakaan itu terjadi akibat kelemahan pengemudi.

“Grand Max menabrak truk yang sedang berhenti, yang sedang perbaikan. Jadi memang itu faktor human error pengemudinya. Mungkin pada KM 178 yang merupakan titik-titk kelelahannya pengemudi. Itu menurut kakorlantas,” jelas Basuki di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (7/7).

Dari hasil diskusinya dengan kepolisian, Basuki menyatakan bahwa keamanan lalulintas ditentukan tiga faktor, yaitu prasarana, rekayasa, dan perilaku. Untuk prasana yang merukapan tanggung jawab PU dia mengklaim sudah oke.

“Jadi, kalau infrastruktur, jalannya saya kira justru bagus,” imbuhnya.

Namun, karena bagusnya jalan, justru banyak pengemudi yang ugal-ugalan di Tol Cipali. Untuk menanggulangi ini, akan dipasang pita kejut.

“Jadi, kalau saran Pak kakorlantas, satu pita kejut itu sudah mulai dipasang. Kemudian rest area sudah berfungsi semuanya, 8 lokasi. Kemudian rambu-rambu sudah ditambahi. Salah satu sarannya juga mungkin penerangan jalan yang di jalan, bukan hanya di junction. Kalau yang di junction sudah semua, lengkap,” tandasnya. [ysa/rmol]

loading...
Click to comment
To Top