SMK Swasta di Temanggung Kurang Peminat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

SMK Swasta di Temanggung Kurang Peminat

TEMANGGUNG – Sekolah menengah kejuruan (SMK) swasta di Kabupaten Temanggung masih kurang diminati. Terbukti, sejumlah SMK swasta di dareah itu masih kekurangan siswa. Rata-rata SMK swasta terpaksa hraus mengurangi satu kelas akibat kurangnya siswa.

Wakil Kepala SMK Swadaya, Humam Sabrori saat ditemui Rakyat Jateng di ruang kerjanya, Selasa (7/7) mengungkapkan, dari 715 siswa yang mendaftar pada tahun ini, hanya 415 yang melakukan daftar ulang. Jumlah ini turun jauh dibading tahun ajaran 2014/2015 yang mencapai 460 siswa.
“Tahun lalu mendekati dimulainya tahun ajaran baru seperti sekarang sudah mendapat 10 kelas. Untuk tahun ini kemungkinan berkurang satu kelas,” terangnya.
Humam menambahkan, turnunya peminat SMK swasta dikarenakan oleh dua faktor, yaitu progam sekolah gratis di sekolah negeri dan sistem PPDB online yang diterapkan oleh sekolah negeri pada tahun ini.
“Progam sekolah negeri gratis membuat pendaftar di sekolah negeri membludak, ditambah dengan PPDB online yang memungkinkan satu murid mendaftar di tiga sekolah negeri sekaligus menjadikan sekolah swasta peminatanya kurang,“ katanya.
Hal yang sama juga dialami oleh SMK 17 Temanggung. Kepala SMK 17 Temanggung, Susi Bintoro menjelaskan dari daya tampung 240 siswa tahun ajaran ini hanya terisi 165 siswa. Jumlah tersebut turun dibandingkan tahun ajaran lalu dengan jumlah siswa 185 siswa.
“Ada beberapa siswa yang sudah mendaftar di sekolah kami terus mencabut karena keterima di sekolah negeri karena progam sekolah gratis, padahal secara mutu sekolah kami tidak kalah,” katanya.
Susi menambahkan, salah satu dampak akibat berkurangnya jumlah murid tersebut adalah turunnya honor pengajar, karena berkurangnya jam mengajar.
“Kalau dulu kan bisa 6 kelas sekarang tidak lagi, jadi otomatis jam mengajar guru juga berkurang, akibatnya honor mereka juga berkurang,“ pungkasnya. (din)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top