25 Persen Taksi Solo Tanpa Surat Laik Jalan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

25 Persen Taksi Solo Tanpa Surat Laik Jalan

SOLO, RAJA – Sekitar 25 persen dari 828 taksi yang beroperasi di Solo tidak memiliki surat uji kelaikan (KIR), kata Kepala Bidang Teknis Sarana dan Prasarana Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Pemkot Surakarta Arif Handoko.

“Salah satu penyebabnya karena tidak atau belum melakukan tes uji kelaikan berkala untuk memperbarui surat yang sudah berakhir masa berlakunya tersebut,” katanya di Solo, Selasa.

Dia mengatakan total armada taksi yang ada di Kota Solo yang didaftarkan mencapai 853 armada, dari jumlah tersebut yang sudah beroperasi sebanyak 828 armada. Atau ada sekitar 75 armada baru yang belum dioperasionalkan. “Dari 828 armada yang beroperasi itu, ada sekitar 25 persennya diketahui belum melakukan uji kelaikan berkala atau KIR untuk memperpanjang surat uji kelaikan yang dimiliki,” katanya.

Ia mengatakan untuk menertiban hal itu digelar operasi gabungan untuk menindak armada taksi yang belum memperpanjang KIR, seperti yang dilakukan pada Senin (6/7).

Dikatakan sebenarnya Dishubkominfo Surakarta pada Selasa (30/6) sudah melayangkan surat pemberitahuan kepada operator taksi di Kota Solo untuk segera melakukan uji kelaikan terhadap armada yang dimiliki. Mengingat, beberapa di antaranya sudah habis masa berlakunya. Namun sampai akhir pekan lalu masih banyak operator yang belum melakukan uji KIR armadanya. “Dalam operasi itu memang mayoritas pelanggaran yang kita temukan banyak armada yang surat uji kelaikannya sudah habis masa berlakunya dan belum melakukan uji KIR ulang. Selain itu, ada pula beberapa pelanggaran lainnya yang menjadi ranah Satlantas,” katanya.

Arif mencontohkan beberapa armada tidak dilengkapi dengan surat-surat ataupun memiliki surat kelengkapan kendaraan yang habis masa berlakuknya, sehingga sopir taksi yang bersangkutan oleh petugas kepolisian yang ikut dalam operasi gabungan tersebut diberi surat tilang. “Yang ketahuan SIM-nya sudah habis masa berlakunya juga ditilang, termasuk ada satu taksi yang diamankan pihak Satlantas karena diketahui belum memiliki plat nomor tapi sudah dipakai untuk operasional,” paparnya. (In)

loading...
Click to comment
To Top