Putusan Politik Dinasti Final – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Putusan Politik Dinasti Final

FAJARONLINE, MAKASSAR — Nasib keluarga petahana yang ingin bertarung di pilkada ditentukan siang ini. Mahkamah Konstitusi (MK) menjadwalkan memutus gugatan terkait larangan politik dinasti dalam UU Pilkada.

Apapun hasilnya, putusan MK bersifat final dan mengikat. Sebelumnya, MK menggelar sidang uji materi UU Pilkada tahun 2015 terkait larangan politik dinasti sejak Maret lalu.

Dalam pasal 7 huruf R UU itu mengatur tentang cara menjadi seorang pemimpin daerah. Dalam pasal itu, seseorang yang mempunyai hubungan darah atau konflik kepentingan dengan petahana tidak diperbolehkan maju menjadi pemimpin daerah.

Pasal inilah yang banyak digugat oleh keluarga kepala daerah karena dinilai melanggar UUD 1945 tentang hak untuk memilih dan dipilih. Sejumlah keluarga petahana siap menerima apapun yang menjadi putusan MK.

Putra Bupati Soppeng Andi Soetomo, Andi Zulkarnain, mengatakan siap taat hukum pada putusan yang dihasilkan MK. Sebagai warga negara yang baik, kata Zulkarnain, pihaknya mesti ikut menciptakan kondisi yang tenteram di daerah. Bogel (sapaan Andi Zulkarnain, red) mengatakan sami’na waata’na pada putusan nantinya.

“Apalagi saya sebagai birokrat, sudah terbiasa taat dan patuh pada putusan pemerintah,” kata Bogel yang menjabat Staf Ahli Hukum dan Pemerintahan di Pemkab Soppeng, Selasa 7 Juli. (fmc-nur/ars-rif)

Untuk selengkapnya, baca Harian Fajar dan Epaper edisi 8 Juli 2015

loading...
Click to comment
To Top