Dua Kali Merah-Putih Berkibar di Podium Suzuka – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Sport

Dua Kali Merah-Putih Berkibar di Podium Suzuka

SUZUKA – Kemampuan pembalap Indonesia di tingkat Internasional sudah tidak perlu diragukan lagi. Meski baru pertama kali merasakan balapan di Suzuka Circuit, Jepang. Andreas Gunawan berhasil menunjukan bakat balap terbaiknya hingga berhasil mengambil alih posisi puncak kelasemen pembalap Suzuki Asian Challenge 2015 – Asia Road Racing Championship Rd. 3, sepanjang 3 – 5 Juli 2015.

Kondisi lintasan balap yang basah karena hujan tidak menyurutkan semangat 3 pembalap muda berbakat Indonesia untuk tampil maksimal diatas Suzuki FU150. Andreas Gunawan berhasil mengukir sejarah baru sebagai pembalap muda Indonesia yang patut diperhitungkan di kejuaraan tingkat Internasional.

Jalan pertandingan Race 1 Suzuki Asian Challenge 2015 Rd.3 pada hari Sabtu, 4 Juli 2015 berlangsung di atas lintasan Suzuka Circuit sepanjang 5,807 km sebanyak 5 lap mampu dikuasai oleh Andreas Gunawan dengan sangat baik. Secara mengejutkan, Andreas yang baru pertama kali ke Jepang dan belum pernah merasakan balap di Suzuka Circuit berhasil finish pertama dan meninggalkan pembalap tuan rumah sejauh 2.806 detik. Sementara itu Dedi Kurniawan dan Adhi Chandra harus merelakan dirinya untuk tidak finish dikarenakan insiden kecelakaan yang dialami karena licinnya lintasan.

Ketegangan bagi pembalap Indonesia dialami di Race 2, hari minggu 5 Juli 2015. Andreas Gunawan yang kembali start dibarisan depan sempat melakukan sedikit kesalahan ketika memulai pertandingan hingga berakibat kehilangan kesempatan mengunci posisi terdepan dan kemudian tersusul oleh para lawan dibelakangnya.

Walaupun dalam kondisi yang tidak menguntungkan, namun semangat untuk menjadi juara di Jepang membuat Andreas sanggup memperbaiki posisinya hingga kembali di barisan depan di urutan ke-2 sekaligus menempel ketat pembalap Jepang yang berada di posisi pertama. Akan tetapi di penghujung balap, Andreas sempat melebar di tikungan R6 karena terlambat melakukan pengereman, sehingga motor yang dipacu Andreas keluar jalur dan tersusul oleh pembalap Thailand yang sedang berada di belakangnya dan harus puas finish di posisi ke-3. Sedangkan pembalap Indonesia lainnya, Dedi Kurniawan dan Adhi Chandra yang juga berusaha tampil harus puas finish berurutan di posisi 7 dan 8.

“Bersaing melawan pembalap Jepang sangat tidak mudah karena dia sudah terbiasa dengan Suzuka Circuit. Namun Saya tidak mau pasrah begitu saja, Saya mempelajari peluang menjadi yang tercepat disetiap lap. Sebagai hasilnya, Saya sangat puas bisa mengibarkan bendera Merah Putih di Suzuka Circuit,” kata Andreas Gunawan. (rls)

Standing Poin SAC 2015

Pos.

Name

Nationality

Total Poin

1

Andreas G.

Indonesia

106

2

Patis C.

Thailand

90

3

Takeru M.

Japan

74

6

Adhi C.

Indonesia

52

15

Dedi K.

Indonesia

20

 

loading...
Click to comment
To Top