Ikut Pilkada, MK Haruskan Legislator Mundur Lebih Dulu – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Ikut Pilkada, MK Haruskan Legislator Mundur Lebih Dulu

FAJARONLINE, MAKASSAR – Mahkamah Konstitusi (MK) yang menerima gugatan Adnan Purichta Ichsan dan menghapus pasal pembatasan larangan keluarga petahana atau politik dinasti dalam UU pilkada 2015 dipastikan memunculkan banyak dampak. Satu di antaranya legislator yang mencalonkan diri sebagai kepala daerah harus mengundurkan diri terlebih dulu.

Kuasa hukum Aji Sumarmo dan Adnan Purichita Ichsan, Mappinawang mengatakan dengan keputusan MK itu legislator yang mencalonkan diri jadi calon bupati sesegera mungkin mengundurkan diri dari jabatannya. “Bukan hanya PNS, TNI/Polri, tapi anggota DPD, DPR-RI, DPRD provinsi, kabupaten dan kota yang mencalonkan diri sebagai kepala daerah dan wakil daerah, maka harus mundur atau berhenti dari jabatannya,” ujar a Mappinawang via seluluer,  Rabu 8 Juli.

Menurut dia,  legislator DPR-RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten dan kota merupakan sebagai fungsi pelayanan publik dengan mengaju pada putusan terkait pengunduran diri anggota dewan itu tercatat dalam perkara 33 yang diajukan dalam persidangan di MK. (jai)

loading...
Click to comment
To Top