LHD Target Soppeng Mandiri Pangan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

LHD Target Soppeng Mandiri Pangan

FAJARONLINE, MAKASSAR – Kepala Dinas Pertanian Pemprov Sulsel, Ir Lutfi Halide (LHD) menargetkan Kabupaten Soppeng bisa berdiri sendiri dalam pemenuhan pangan dan peningkatan ekonomi masyarakat. Demikian disampaikan dalam diskusi terbuka dengan tema membedah problem ekonomi dan pemerintahan bersih di kantor Indeks Politica Indonesia (IPI) Makassar, Rabu 8 Juli. “Bicara ekonomi di Kabupaten Soppeng memang sangat menarik. Daerah yang berada di tengah dari semua kabupaten di Sulsel dengan sumber daya alam yang begitu kaya, khususnya dalam bidang pertanian sehingga tak ada alasan masyarakat Soppeng miskin akan pangan,” ujarnya.

Bila masyarakat Soppeng memberi amanah menjadi bupati, maka sistem pemerintahan nantinya akan menjadi pelayanan dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat. “Saya paham betul apa yang menjadi hak dasar masyarakat. Sebagai birokrat yang fokus dalam bidang pertanian saya bisa menyelesaikan hal tersebut, khususnya ketersediaan pangan,” paparnya.

Sebagai birokrasi yang juga praktisi jelas LHD, sistem pemerintahan juga harus sejalankan dengan perkembangan dunia komunikasi yang semakin cepat. Hal ini ditangkap Bupati Bantaeng, Nurdin Abdullah dalam meningkatkan komoditi pangannya. Guna mendorong perekonomian masyarakat, maka diciptakankanlah badan usaha miliki desa. “Hal serupa juga akan hadir di Kabupaten Soppeng nantinya,” terangnya.

Guna menciptakan pemerintahan yang bersih, kata Lutfi, pihaknya akan melibatkan semuan pihak, termasuk perguruan tinggi. Hal ini dilakukan agar setiap program yang dicanangkan memiliki perencanaan dan analisis akademik yang baik. Tampil juga sebagai pembicara adalah dosen fisip Universitas Bosowa 45 Dr Arief Witcaksono dan dosen Unismuh Arqam Azikin. (nur)

To Top