Mayweather Sial! WBO Resmi Copot Sabuknya dari Duel Lawan Pacquiao – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Mayweather Sial! WBO Resmi Copot Sabuknya dari Duel Lawan Pacquiao

BADAN tinju World Boxing Organization (WBO) mengambil sikap tegas atas kelakuan petinju kelas welter Floyd ‘Money’ Mayweather Jr.

Senin (6/7) kemarin sabuk juara Money di kelas welter WBO resmi dilucuti alias dicopot. Ini menyusul ketidakpatuhan petinju Amerika Serikat tersebut terhadap regulasi WBO.

“WBO tidak punya alternatif lain selain mencopot status juara dunia kelas welter WBO Floyd Mayweather Jr, karena dia gagal memenuhi regulasi dari perebutan gelar juara dunia WBO,” tulis WBO dalam pernyataan resminya, seperti dikutip dari ESPN.

Aturan yang dimaksud WBO adalah, seorang juara WBO diharuskan melepas gelar juara dunia di badan lain setelah memastikan gelar WBO. Sebelum mendapatkan (unifikasi) gelar juara kelas welter WBO usai mengalahkan Manny Pacquia, 2 Mei lalu, Mayweather adalah pemegang sabuk juara welter World Boxing Council (WBC).

Dalam regulasi WBO, petinju yang sudah mendapat gelar WBO harus rela melepas gelar WBC agar titel itu kemudian diperebutkan petinju lain. Namun Mayweather malah asyik menikmati dua gelarnya.

WBO bertambah geram, sebab selain pelanggaran regulasi Mayweather tak kunjung membayar denda sebesar US$200.000 atau setara dengan Rp2,7 miliar rupiah sampai tenggat waktu 4 Juli 2015 kemarin. Padahal, saat memenangi duel kontra Pacquiao, Money menerima sedikitnya Rp2,9 triliun.

Biasanya, WBO memberikan kesempatan kepada petinju selama 10 hari untuk memutuskan mana gelar yang akan terus dia pegang. Namun ini sudah dua bulan, dan kesabaran WBO habis…

“WBO menghormati Floyd Mayweather Jr dengan segala karier yang dia capai. Namun kami yakin Pak Mayweather juga setuju, bahwa di dalam kejuaraan dunia selalu ada hak dan tanggung jawab, serta kepatuhan kepada peraturan,” sebut WBO.

Mayweather masih memiliki 14 hari untuk mengajukan banding tertulis, namun WBO sudah menegaskan keputusan tidak mungkin berubah. (adk/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top