Tips Merawat Batu Bacan Agar Tetap Mengkristal dan Mengkilap – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hiburan

Tips Merawat Batu Bacan Agar Tetap Mengkristal dan Mengkilap

BAGI anda para penggemar batu akik jenis bacan perlu mencoba tujuh cara ini agar batu bacan anda tetap terlihat mengkristal dan mengkilap. Batu bacan adalah salah satu batu yang paling diburu oleh kolektor.

Batu akik bacan termasuk batu mulia yang mempunyai nilai artistik tinggi sehingga memiliki harga yang sangat mahal. Ciri yang paling menonjol dari batu ini adalah mengkristal sempurna dengan bening tanpa bercak di dalamnya.

Untuk kualifikasi batu bacan seperti itu pasti memiliki harga yang sangat tinggi. Biasanya untuk pemula lebih memilih batu akik bacan yang sedikit lebih muda untuk kemudian dipoles lagi. Untuk bacan yang masih muda mempunyai warna cenderung gelap dan sedikit tampak keputihan. Harga batu bacan seperti ini tidak semahal batu bacan yang sudah tua.

Jika Anda memiliki batu akik jenis ini, maka harus pandai-pandai merawatnya agar tidak berkurang nilai keindahannya. Ada beberapa cara merawat batu akik bacan yang bisa kita lakukan agar bisa tampil lebih mempesona. Berikut ini ulasan singkatnya.

1. Bersihkan Dengan Kain yang Lembut

Biasakan untuk selalu membersihkan batu bacan menggunakan kain yang halus agar tidak terjadi goresan. Sekali waktu bisa juga menggunakan kain yang sedikit basah untuk menghilangkan debu yang menempel. Yang perlu diperhatikan adalah kain yang kita pakai untuk membersihkan batu akik bacan harus lembut seperti yang digunakan untuk membersihkan kaca mata. Lakukan secara rutin agar menghasilkan kilau yang semakin menawan.

2. Olesi Batu Dengan Minyak Zaitun

[NEXT-FAJAR]

Untuk mempercantik batu akik bacan Anda, bisa dengan tritmen khusus untuk batu bacan. Anda bisa mengolesi minyak zaitun pada permukaan batu akik tersebut. Fungsinya adalah untuk menjaga batu agar tetap mengkilap. Caranya yaitu dengan meneteskan minyak zaitun pada kain yang halus lalu kemudian digosokkan pada batu bacan secara perlahan-lahan.

3. Simpan Di Tempat Terbuka

Untuk pehobi batu akik pemula tak jarang ada yang salah kaprah dengan menyimpan batu akik jenis bacan pada sebuah kotak khusus. Ini adalah cara yang salah, jangan pernah menyimpan batu bacan yang masih dalam proses pengkristalan dalam sebuah kotak. Menyimpan batu bacan dalam sebuah kotak hanya akan menghambat proses pengkristalan batu bacan tersebut. Lebih ideal bila disimpan di tempat yang terbuka.

4. Hindarkan Dari Benturan

Untuk menghindari kemungkinan terjadinya benturan, sebaiknya ketika tidur batu tersebut dilepas saja atau tidak dipakai. Karena jika terjadi benturan dengan benda keras, dan terjadi goresan akan sangat sulit untuk menghilangkannya dan tentu saja mengurangi nilai keindahan serta harga jualnya pun akan semakin menurun.

[NEXT-FAJAR]

5. Dipakai Setiap Hari

Meskipun cara ini cara yang sederhana, namun cara ini sampai saat ini masih dianggap yang paling baik dan natural. Cara perawatan dengan dipakai setiap hari sebenarnya adalah memanfaatkan suhu yang ada dari si pemakai itu sendiri.

Dengan suhu yang stabil dan lebih panas dari sekitarnya, sangat efektif membentuk bacan yang semi kristal untuk menjadi plong mengkristal seutuhnya. Selain natural, cara ini dipandang sangat aman dan jauh dari resiko apapun karena tritmen ini tidak menggunakan bahan-bahan kimia untuk mengkristalkan batu akik bacan.

6. Bawa Ke Tukang Poles

Jika Anda merasa belum bisa merawat dengan baik dan benar atau pun mungkin Anda repot dan tidak bisa merawatnya, lebih baik Anda minta tolong pada tukang poles akik kepercayaan Anda untuk merawatnya. Sayang sekali jika Anda memiliki batu bacan namun kurang maksimal merawatnya. Disarankan Anda pilih tukang poles batu akik yang benar-benar sudah ahli dan reputasinya bisa dipertanggungjawabkan.

7. Perendaman dan Penjemuran

Cara ini dilakukan untuk merekayasa suhu untuk mempercepat pengkristalan batu bacan. Cara yang sering dilakukan adalah dengan memasukkan batu bacan pada sebuah toples yang berisi air sampai benar-benar tenggelam. Setelah itu taruh toples tersebut pada tempat yang langsung terkena sinar matahari.

Perhatikan air, jika air habis dan berwarna tidak bening, segera ganti dengan yang baru. Proses ini bisa cukup satu atau dua hari, namun ada juga yang memerlukan waktu satu bulan bahkan lebih.  Lakukan ini sampai batu bacan bersih dan plong mengkristal. (hrm/int)

loading...
Click to comment
To Top