Cara Menghilangkan Bercak Hitam Pada Batu Bacan Doko – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hiburan

Cara Menghilangkan Bercak Hitam Pada Batu Bacan Doko

BATU Bacan Doko tidak serta merta langsung menjadi mengkilat dan mengkristal. Walaupun sedikit pasti saja ditemukan bercak atau bintik warna hitam pada batu jenis ini. Tapi jangan risau, ada cara yang cepat dan mudah untuk menghilangkan bercak hitam tersebut.

Perlu diketahui, adanya warna hitam berupa bintik yang ada dalam batu menunjukkan batu tidak memiliki kristal sempurna tapi hal tersebut ada kalanya bisa dihilangkan dengan cara treatment, perendaman atau pengolesan pada batu secara teratur. Itu dimaksudkan untuk mengangkat zat-zat yang masih ada dalam batu bacan.

Batu bacan doko merupakan jenis batu bacan yang saat ini banyak diincar kolektor dibanding dengan jenis bacan lainnya. Dengan warna khasnya yang hijau membuat batu terlihat sangat indah dan tidak kalah dengan jenis batu giok China yang selama ini sudah kesohor dan dikenal dunia.

Namun dalam satu tahun terakhir ini batu mulia asal Indonesia ini seringkali menjadi incaran banyak kolektor mancanegara, seperti yang belakangan sering menjadi perbincangana adalah jenis batu akik idocrase asal Aceh dan Sumatera serta beberapa jenis batu mulia asal Indonesia lainnya termasuk bacan doko ini.

Batu asal Maluku Utara ini telah dikenal dunia sebagai batu permata berkualitas unggulan dan membuat batu ini sering menjadi incaran para gemslover. Hanya saja untuk harga dibawah Rp 1 jutaan masih belum bisa memperoleh batu yang terbilang sempurna dan umumnya masih ada banyak warna hitam didalamnya.

[NEXT-FAJAR]

Nah, untuk menghilangkan warna hitam dalam batu bacan doko, bisa dilakukan dengan cara treatmen atau memproses ulang batu bacan agar mengkristal dan mengkilat dengan baik. [Tips Merawat Batu Bacan Agar Tetap Mengkristal dan Mengkilap]

Caranya sebagai berikut :

  • Oles batu bacan doko anda dengan minyak bayi atau minya kayu putih.
  • Kemudian jemur batu bacan doko anda diterik matahari sekitar pukul 10.00 – 11.00 siang.
  • Saat menjemur, bisa menggunakan wadah dari beling seperti piring atau mangkok.
  • Perhatikan apakah sudah ada perubahan warna yang terjadi atau tidak.
  • Jika belum ada perubahan signifikan setelah melakukan penjemuran, bisa dioles ulang hingga bercak hitam menjadi samar.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum anda melakukan treatmen, kenali dulu karakter batu. Karena untuk jenis batu yang sudah benar-benar mengkristal jangan lakukan penjemuran, sebaiknya lakukan perawatan untuk lebih mengkilapkan batu bacan yang anda miliki dengan cara menggosoknya secara berulang menggunakan kain atau bahan kulit. (hrm/int)

loading...
Click to comment
To Top