Disdikpora Jamin Bersih dari Perpeloncoan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Disdikpora Jamin Bersih dari Perpeloncoan

SALATIGA, RAJA – Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD) baru tingkat SLTP dan SLTA tahun 2015 ini dijamin bersih dari perpeloncoan. Bahkan, kegiatan yang dilakukan bersifat mendidik dan ramah pada peserta didik, menanamkan semangat nasionalisme dan karakter bangsa sejak dini. Selain itu, sebagai media dalam membangun kedekatan antara aparat dengan para peserta didik berbagai satuan pendidik. Demikian ditegaskan Dra Gati Setiti MHum, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Salatiga disela-sela pelepasan tim pemateri, di eks Gedung Pramuka Salatiga, Kamis (8/7).

“Materi dalam MOPD diantaranya pembinaan nasionalisme dan karakter bangsa, reproduksi remaja, bahaya narkoba, bahaya HIV/AIDS serta keamanan lalulintas. Jumlah keseluruhan peserta didik baru mulai SMP/MTs dan SMA/SMK/MA di Kota Salatiga sekarang ini sebanyak 9.075 siswa. Sedang, tujuan dari fasilitasi MOPD dari Disdikpora kepada sekolah penyelenggara adalah menghindari kegiatan yang bersifat kekerasan (perpeloncoan) selama MOPD,” terang Gati Setiti.
Para pemateri berasal dari Kodim 0714 Salatiga, Satlantas Polres Salatiga, Dishubkombudpar, Dinas Kesehatan Kota (DKK), Komisi Perlindungan Anak (KPA), Badan Narkotika Kota (BNK) maupun Bapermasper KB-KP Kota Salatiga. Jumlah keseluruhannya sebanyak 93 orang. Ditambahkan, bahwa penerjunan tim pemateri dari Disdikpora ke sekolah, selain menyamakan persepsi pola MOPD juga membantu sekolah dalam penyediaan pemateri. Hal ini tidak akan memberatkan pihak sekolah dilihat dari segi koordinasi maupun pendanaan atau penganggarannya.
“Teknis pemberian materi MOPD kali ini dengan metode pre test, post test, pemberian leaflet, stiker, banner narkoba (bantuan dari BNK), tanya jawab serta monitoring dari tim Disdikpora dan Kementerian Agama Salatiga. Harapannya, MOPD dapat berlangsung lancar dan sekali lagi tidak ada perpeloncoan,” tandas Gati Setiti. (hes)

loading...
Click to comment
To Top