Jokowi: Utang Luar Negeri untuk Industri, Bukan untuk Makan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Jokowi: Utang Luar Negeri untuk Industri, Bukan untuk Makan

JAKARTA-Utang dari luar negeri akan dimanfaatkan untuk membiayai sektor industri. Utang tidak akan digunakan untuk konsumtif seperti menutupi beban subsidi bahan bakar minyak.

Presiden Joko Widodo menyampaikan itu menanggapi sejumlah pertanyaan dalam acara Silaturrahim dengan Dunia Usaha, Presiden Menjawab Tantangan Ekonomi yang digagas Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) di Ruang Cendrawasih, Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Kamis (9/7).

“Pengendalian utang ini sangat penting. Jangan sampai kita minjam lalu dipakai untuk makan. Ini yang kita bereskan, kita minjam untuk kemajuan industri dan lain-lain,” paparnya.

Presiden menjelaskan perlu adanya investasi agar uang dari luar masuk ke Indonesia. Investasi tersebut sejalan dengan rencana pemerintah dalam pembangunan infrastruktur.

Dia menambahkan, saat ini pemerintah memang berkonsentrasi dalam persoalan tersebut. Seperti pembangunan tol di Sumatra, pembangunan 24 pelabuhan di beberapa daerah di Indonesia serta pembuatan jalur tol laut.

“Melalui portopolio investasi kita bisa menarik investor dan sekarang ini menurut saya yang penting persepsi yang kita bangun. Dunia usaha ini harus membangun presepsi agar bisa berjalan postif. Kalau persepsi itu positif, bisa meyakini investor perekonomian kita akan tumbuh. Kita yakini bersama-sama adanya pertumbuhan ekonomi yang lebih baik lagi,” pungkasnya. [zul/rmol]

loading...
Click to comment
To Top