Lebaran, Swalayan Buka 24 Jam – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Lebaran, Swalayan Buka 24 Jam

SOLO, RAJA – Walikota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo memberikan izin toko swalayan buka 24 jam selama Lebaran karena menjadi tanda bahwa kondisi bperekonomian daerah itu semakin maju.

“Ya tidak mungkin kalau ekonomi di Solo tidak maju sampai ada puluhan ‘minimarket’ mengajukan izin operasi menjadi 24 jam,” kata Hadi Rudyatmo di Solo, Rabu.

Ia mempersilakan pengelola toko swalayan di daerah setempat mengoperasikan usahanya itu selama 24 jam, akan tetapi hanya pada H-7 hingga H+7 Lebaran. Ia menjelaskan tentang alasan kebijakannya itu, terkait dengan kebutuhan masyarakat selama Lebaran yang memang cukup tinggi. “Ya untuk selanjutnya kalau ‘minimarket’ tetap ingin buka selama 24 jam, kita evaluasi dulu dan tidak terus buka,” kata Hadi Rudyatmo yang akrab dipanggil Rudy itu.

Ia mengatakan akan memberikan sanksi tegas apabila pengelola toko swalayan melanggar ketentuan terkait dengan izin operasi selama 24 jam itu. “Sanksi itu bisa peringatan teguran sampai pencabutan izin operasi,” katanya.

Kepala Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (BPMPT) Pemkot Surakarta Toto Amanto mengaku kebanjiran pengajuan permohonan izin penambahan jam operasional toko swalayan.

Mereka, katanya, mengajukan izin buka mulai pukul 00.00 WIB sampai 24 jam tanpa tutup selama Lebaran. “Ada puluhan ‘minimarket’ yang sudah mengajukan izin ke kami,” katanya.

Ia mengatakan permohonan tambahan jam operasional tersebut, didominasi toko swalayan Indomart dan Alfamart yang tersebar di Kota Solo. Pihaknya akan mengkaji pengajuan tambahan jam operasional toko swalayan, sesuai persyaratan untuk buka 24 jam. Toto mengatakan pengajuan perpanjangan jam operasional sepenuhnya menjadi kewenangan dari walikota.(*)

loading...
Click to comment
To Top