Ramai Akik Sintetis, Apakah Bisa Menjatuhkan Harga Batu? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Ramai Akik Sintetis, Apakah Bisa Menjatuhkan Harga Batu?

SERANGAN batu bacan tiruan (sintetis) yang gencar dipasaran cukup membuat ketar-ketir para penjual akik jenis ini. Bagaimana tidak, untuk satu butir cincin bacan super, harganya bisa Rp3-5 juta. Sementara jenis sintetis, hanya dihargai Rp20 ribu, itupun dijual dalam bentuk bongkahan (bisa dua butir) dengan warna dan kecerahan sama jika dilihat secara kasak mata.

Serbuan akik palsu ini diketahui cukup lama, kebanyakan berasal dari Cina. Bentuk dan polanya sama persis dengan akik asli, karena itu, banyak yang memprediksikan bacan sintetis ataupun jenis lain akan menjatuhkan harga di pasaran.

Namun, kekhawatiran itu ternyata belum terbukti. Harga akik berkualitas tinggi tidak sedikitpun terganggu dengan harga akik murahan sintetis.

Menurut Safrudin (34), salah satu penjual batu akik di Slipi Jakarta Selatan, peredaran akik palsu justeru makin mendongkrak harga akik yang asli.

Para pecinta batu bukan seperti penyuka pakaian atau barang lain. Peminat akik sangat menginginkan estetika dan alaminya. Meskipun batu sintetis lebih bagus, namun karena bukan batu asli, jadi kurang diminati. [NEXT-FAJAR]

“Berbeda dengan pakaian, karena bahanya sama, dari benang, jadi tidka peduli asli apa palsu asal nyaman dipakai cukup. Sementara akik sintetis, bukan dari batu asli. Itu kekurangannya,” terang Safrudin, Rabu (8/7).

Sementara itu, Barum Bahrudin (45) pencinta akik mengatakan, harga batu sintetis yang murah, makin menguatkan harga akik. Perbedaan yang sangat jauh, menjadikan harga sintetis menjaid murahan jika dibandingkan dengan batu asli.

Para peminat batu tentu tidak akan memakai akik murahan apalagi yang palsu. Karena itu, yang membeli akik sintetis hanya mereka sekedar ingin bergaya, bukan pecinta akik.

“Jadi bedanya disitu, pencinta akik akan berburu batu kesukaanya meskipun dengan harga yang mahal. Sementara yang sekedar bergaya tidak terlalu mementingkan jenisnya. Asal dipakai sudah cukup. Namun pembeli terbanyak adalah mereka yang mencintai atau suka batu akik asli,” tegsnya. (IO)

 

loading...
Click to comment
To Top