Tiga Hakim Ditangkap KPK, Ketua MA: Kami Kecam Para Hakim Tersebut – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Tiga Hakim Ditangkap KPK, Ketua MA: Kami Kecam Para Hakim Tersebut

JAKARTA – Kabar tertangkapnya tiga hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan oleh penyidik KPK sampai ke Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali. Dia menyayangkan masih ada perilaku tercela hakim yang diduga menerima suap.

“Kami mengecam masih ada hakim yang melakukan perbuatan yang melanggar sumpah jabatan,” kata Hatta saat menghadiri acara buka puasa bersama di KPK, Jakarta, Kamis (9/7).

Hatta mengaku, MA mendukung KPK menindaklanjuti kasus yang melibatkan Ketua PTUN Tripeni Irianto Putro tersebut. “Karena sudah di ranah hukum, silakan dilanjutkan,” ujarnya.

Meski demikian, Hatta belum memastikan sanksi yang akan diberikan kepada tiga hakim dan seorang panitera PTUN Medan itu. Termasuk peluang untuk memecat ketiganya. “Kita lihat pidananya dulu,” tegasnya.

Seperti diketahui, KPK menciduk lima orang dalam operasi tangkap tangan (OTT) di kantor PTUN Medan, Sumut, pukul 11.00 siang tadi. Mereka adalah Ketua PTUN Tripeni Irianto Putro, dua hakim anggota Amir Fauzi dan Dermawan Ginting, seorang panitera Syamsir Yusfan, serta seorang pengacara yang berasal dari kantor advokat ternama. Penyidik menduga mereka tengah melakukan transaksi suap penanganan perkara di PTUN Medan. Saat ini, kelima orang tersebut masih menjalani pemeriksaan di Polres Medan. (Putri Annisa/fal/jawapos)

loading...
Click to comment
To Top