Bareskrim Tersangkakan Tiga Kepala Daerah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Bareskrim Tersangkakan Tiga Kepala Daerah

FAJARONLINE, JAKARTA — Tiga kepala daerah dipastikan akan berurusan dengan penyidik Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri dalam waktu dekat.

Kepastian tersebut diperoleh setelah Bareskrim memastikan akan melabelkan status tersangka pada ketiganya dengan tuduhan tindak pidana korupsi.

Sayangnya, Kepala Bareskrim Polri, Komisaris Jenderal (Komjen) Budi Waseso menolak menyebutkan secara detail. Pria yang akrab disapa Buwas itu hanya memastikan ketiganya masih aktif berdinas di daerahnya masing-masing. “Satu gubernur, dua bupati,” terangnya di Mabes Polri, Kamis 9 Juli.

Proses hukum yang melibatkan ketiganya masuk dalam kategori 35 kasus yang angkanya di bawah 100 miliar. “Angkanya puluhan miliar,” terangnya.

Hanya, untuk angka detailnya, mantan kapolda Gotontalo itu masih menunggu hasil audit Badan Pengawas Keuangan (BPK).

Belakangan, Kabareskrim memang telah berjanji untuk mengungkap 67 kasus korupsi di berbagai wilayah dan instansi. Dengan rincian, 9 kasus bernilai triliunan, 23 kasus bernilai ratusan miliar, dan 35 kasus bernilai puluhan miliar.

Lebih lanjut, Buwas menegaskan, penetapan tersebut tidak memiliki keterkaitan dengan pelaksanaan Pilkada serentak. Menurutnya, penyelidikan kasus tersebut sudah dilakukan sejak lama dan memiliki alat bukti yang cukup. “Bukan karena ada pilkada, lalu kita mencari calon-calon yang daftar. Bukan begitu,” tegasnya. (jpnn-arm/ars-rif)

Untuk selengkapnya, baca Harian Fajar dan Epaper edisi 10 Juli 2015

loading...
Click to comment
To Top