Apdesi : 14 Pilkades Rawan Gesekan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Apdesi : 14 Pilkades Rawan Gesekan

FAJARONLINE, MAROS — Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Maros mempertanyakan kesiapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di 14 desa di Maros. Momentum Pilkades dan Pilkada yang berbarengan dikhawatirkan rawan gesekan.

Ketua Apdesi Maros Abdul Azis menyebut, kepentingan politis di kabupaten bakal mempengaruhi pemilihan kades. Ajang pilkades bisa dimanfaatkan tim sukses bakal calon bupati untuk meraih dukungan desa. “Nah untuk mencegah itu, harus ada regulasi tegas yang dirumuskan sebelum pilkades bergulir,” jelas Azis.

Karena itu, Apdesi pesimis Pilkades bisa digelar tahun ini. Pendapat berbeda dilontarkan Kepala Bidang Pemerintahan Desa dan Kelurahan, Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kelurahan (BPMDK) Maros, Andi Muchsin. Dia justru optimis seluruh tahapan Pilkades rampung bulan Oktober.

“Kami sementara siapkan sosialisasi Permendagri nomor 112, terdapat beberapa hal yang secara subtansial berbeda dibanding aturan lama. Yang paling krusial, tidak ada lagi istilah dua putaran,” ujar Muchsin.

Jika suara sama, maka pemenang ditentukan dari jumlah wajib pilih di wilayah tempat tinggal kandidat. Hal ini, kata Muchsin sempat menjadi pembahasan alot di DPR dengan Kemenkumham. “Aturan lainnya, calon kades bersaing terdiri minimal dua hingga lima calon. Jika lebih dari lima, maka dilakukan penjaringan oleh panitia kabupaten,” bebernya.

Pilkades bakal digelar di 14 desa di tujuh kecamatan di Maros. Masing-masing kecamatan Mallawa, Simbang, Tanralili, Tompobulu, Bontoa, Camba, dan Lau. (ris)

loading...
Click to comment
To Top