Baznas Maros Target Zakat Rp4 Miliar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Baznas Maros Target Zakat Rp4 Miliar

FAJARONLINE, MAROS — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Maros menargetkan zakat yang diterima di bulan Ramadan ini mencapai Rp4 Miliar, terdiri dari zakat mal dan zakat fitrah. Hal tersebut disampaikan wakil ketua Baznas Maros Ustaz Said Patombongi

“Kami mendapat dukungan Bupati, jadi optimis bisa mendapatkan zakat sampai Rp4 miliar. Bupati sudah menghimbau PNS dibawah lingkungan pemkab, termasuk guru untuk menyalurkan zakat profesi dan pendapatan lewat Baznas,” ujarnya.

Mengenai himbauan tersebut, Ketua PGRI Maros Arman Arsyad menyebut tidak masalah sepanjang sesuai regulisi. Jumlahnya pun, kata Arman tidak mengikat. “PNS dibuatkan pernyataan kesediaan, beserta nominal yang ia zakat-kan. Dipotong langsung dari gajinya,” kata Arman.

Terkait penyalurannya, Baznas bakal berkoordinasi dengan BPJS Maros untuk memperoleh data warga yang layak mendapatkan zakat. Kedepan, total zakat yang disalurkan komposisinya akan berubah. Terdiri dari 40 persen zakat produktif dan 60 persen zakat emergency.

“Jadi tidak semua zakat itu habis dikonsumsi. Kita akan berikan dalam bentuk bantuan modal, agar kedepan mereka menjadi pemberi zakat, tidak terus menerus jadi penerima zakat. Hingga saat ini Baznas sudah membina 30 orang,” tandas Said. (ris)

loading...
Click to comment
To Top