Dua Pilot Indonesia Diduga Gabung ISIS – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Dua Pilot Indonesia Diduga Gabung ISIS

FAJARONLINE, CANBERA – Kabar warga negara Indonesia (WNI) yang bergabung dengan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) kembali mencuat. Kali ini, Polisi Federal Australia (Australian Federal Police/AFP) mengeluarkan laporan mengenai dua pilot asal Indonesia yang diduga terafiliasi dengan organisasi radikal tersebut. Namun, pemerintah Indonesia masih belum bisa melakukan verifikasi terhadap informasi tersebut.

Dalam laporan yang sudah dibuat sejak 18 Maret tersebut, AFP mendapat informasi tentang dua WNI yang berprofesi sebagai pilot telah bergabung dengan ISIS. Mereka adalah Ridwan Agustin yang diinformasikan sebagai pilot Airasia dan Tomi Hendratno sebagai pilot Premiair. Pada 17 Maret, akun sosial media dari Ridwan ditutup secara tiba-tiba. Namun, pihak AFP berhasil mendapatkan data-data akun tersebut.

“Dugaan menguat ketika pada September  2014, dia mengeluarkan beberapa posting Facebook yang mendukung ISIS. Materi-materi di sosial media itu pun mendapatkan like dari Tomi. Selain itu, dia juga berkomentar di akun Heri Kustyanto yang diduga lebih dulu berada di Syria dan bergabung dengan ISIS,” begitu lansiran AFP.

Sedangkan, akun Tomi Hendratno diakui merupakan pilot bekas TNI Angkatan Udara. Pria yang pernah bekerja di maskapai Garuda Indonesia itu mulai diduga masuk jaringan online ISIS sejak Desember 2015. Selain memberikan like pada materi yang diunggah Ridwan, dia pun mulai juga membagikan materi yang dinilai pro ISIS.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Arrmanatha Nasir mengatakan, pihaknya baru mendengar kabar tersebut kemarin sore dari pemberitaan. Namun, dia mengaku bahwa proses verifikasi terhadap dua WNI tersebut bakal sulit. Pasalnya, lokasi dugaan dua pria tersebut sama sekali tidak bisa dijangkau.(indopos)

Click to comment
To Top