Hamdan Zoelva Sepakat Pasal Dinasti Dicabut – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Hamdan Zoelva Sepakat Pasal Dinasti Dicabut

FAJARONLINE, MAKASSAR – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Hamdan Zoelva mendukung keputusan MK yang mencabut pasal dinasti politik UU pilkada. “Putusan MK sudah benar. Jangan hanya persoalan bapak, om, paman, tante menjabat lalu keluarga lainya dibatasi. Semua orang punya hak yang sama di mata hukum. Begitu pula hak yang sama dalam memilih dan dipilih,” ujar Hamdan Zoelva seusai menghadiri promosi doktor Patawari di program pascasarjana Universitas Hasanuddin (Unhas), siang tadi, Jumat 10 Juli.

Menurut alumni Fakultas Hukum Unhas tersebut, dengan adanya putusan MK itu membuka jalan demokrasi bagi semua orang. Jangan hanya karena kepentingan sebagian pihak, orang lain dimarginalkan. Semua orang kata dia, dilahirkan jadi pemimpin dan semua orang memiliki kemerdekaan masing-masing. “Pandangan saya keputusan MK sudah final, tidak bisa diganggu gugat. UU yang mencabut hak politik orang lain. Sungguh celaka bagi demokrasi kalau sampai terjadi pembatas hak dipilih dan memilih,” tuturnya.

Sebelumnya MK mencabut pasal dinasti karena bertentangan dengan konstitusi dan melanggar UU HAM. Gugatan diajukan Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo, Aji Sumarno dan Irwan Hamid. (jai)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top