Komite SMA 1 Maros Kecewa Ada Kelas Tambahan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Komite SMA 1 Maros Kecewa Ada Kelas Tambahan

FAJARONLINE, MAROS — DPRD Maros dan Dinas Pendidikan ditengarai kongkalikong dalam terbentuknya satu kelas tambahan pada penerimaan siswa baru SMA Negeri 1 Maros. Hal tersebut memicu kekesalan sejumlah kalangan.
Kepala SMA 1 Maros Muslimin menjelaskan pada musyawarah kerja Kepala Sekolah, pihaknya menyatakan hanya menerima 9 kelas, dengan jumlah siswa 32 orang per kelas. “Namun belakangan ada surat dari DPRD untuk RDP, 22 Juni. Disitu disepakati Diknas dan Dewan membuka satu kelas baru,” ujarnya.

Diknas atas persetujuan dewan lalu memerintahkan Kepsek membuka satu kelas baru. Selain itu, juga disepakati menambah jumlah siswa dari 32 menjadi 34 orang per kelas. “Jadi saya cuma menjalankan kebijakan atasan,” kata Muslimin.

Muslimin mengakui, tambahan siswa sebanyak 50 orang rata-rata diisi oleh anak dan kerabat guru, anggota DPRD, dan Diknas. Mereka dibebani pembayaran bervariasi dari Rp1 juta hingga Rp3 juta ditandai dengan surat kesediaan membayar.

Ketua Komite Sekolah, Said Patombongi mengkritik pembukaan satu kelas baru itu. Menurutnya, hal itu akan merusak ketatnya rekrutmen siswa yang selama ini dikenal di SMA 1. “Kita tidak dilibatkan dan tidak bertanggung jawab akan dampak keputusan itu,” kata Said.

Wakil Ketua DPRD Maros Husain Rasul yang menandatangani undangan RDP menampik jika komite tidak dilibatkan. Pihaknya telah menyampaikan kepada pihak sekolah untuk memanggil stakeholder SMA 1 untuk mendiskusikan keputusan tersebut.

“Itu (membuka kelas baru) permintaan dari komisi III. Lagipula hal normatif seperti itu bermanfaat untuk siswa yang tidak lulus,” tandasnya. (ris)

loading...
Click to comment
To Top