PDIP Minta Jatah 10 Kursi di Jokowi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

PDIP Minta Jatah 10 Kursi di Jokowi

JAKARTA – Reshuffle kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo sepertinya sudah di depan mata. Banyak pihak yang sudah berani memberikan penilaian terhadap para menteri, menyodorkan nama baru dan sebagainya.

Pihak tersebut termasuk PDI Perjuangan, partai utama pengusung Joko Widodo, partai dimana Jokowi (panggilannya) bernaung.

Dari Direktur Eksekutif Bimata Politica Indonesia (BPI) Panji Nugraha mengatakan, informasi yang diterimanya ada sepuluh lembaga kementerian dan seskab yang akan direshuffle dan diincar oleh PDI Perjuangan.

“Sepuluh posisi yang diincar yaitu, Menteri BUMN, Menko Perekonomian, Menteri Perdagangan, Seskab, Menakertrans, Menpora, Menkeu, Menteri ESDM, Menkopolhukam dan Mensesneg,” katanya seperti dikutip dari RMOL.co, Jumat (10/7).

Menurutnya, secara objektif sah-sah saja jika PDI Perjuangan mengincar sepuluh kursi itu. Sebab, PDI Perjuangan adalah partai penguasa dan pengusung utama Jokowi pada pilpres lalu.

“Dan dilihat secara historis dari awal pembentukan kabinet kerja, memang PDIP menginginkan kursi lebih banyak dari yang sudah ada,” sambungnya.

Dilanjutkan Panji, sikap tersebut bukan merupakan bentuk keserakahan PDIP, namun merupakan fakta politik yang harus diterima.

“Bangsa Indonesia sudah memilih Jokowi sebagai presiden, semua tahu bahwa Jokowi adalah petugas partai PDIP. Sehingga bukan kejahatan jika PDIP ingin menambah kursi menteri, bahkan memang harus seperti itu langkah yang dilakukan,” pungkas Panji. (sam/rmo/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top