Disnakertrans Kabupaten Semarang Buka Posko Pengaduan THR – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Disnakertrans Kabupaten Semarang Buka Posko Pengaduan THR

UNGARAN – Posko Pengaduan Tunjangan Hari Raya (THR) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Semarang hingga kemarin belum menerima adanya pengaduan dari para pekerja terkait pembayaran THR oleh perusahaan tempat mereka bekerja. Meski belum adanya laporan tersebut, pihak Disnakertrasn tetap membuka posko pengaduan.

Menurut Kepala Dinsosnakertrans Kabupaten Semarang, Sumardjito mengatakan, berdasarkan Peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permenaker) Nomor 4/MEN/1994 tentang Tunjangan Hari Raya keagamaan, pihaknya telah mengeluarkan surat edaran kepada sedikitnya 884 perusahaan yang ada di Kabupaten Semarang untuk menjalankan peraturan menteri tersebut, dimana dalam edaran surat tersebut, seluruh perusahaan yang ada di Kabupaten Semarang wajib memberikan THR kepada pekerja paling lambat H-7 lebaran.
“Hingga Jumat siang ini (9/7), belum ada satupun laporan dari karyawan atau pekerja yang belum menerima THR dari perusahaan tempatnya bekerja,” ucap Sumardjito.
Meski demikan dirinya berharap bahwa dengan adanya surat edaran tersebut menjadikan indikasi perusahaan yang ada di Kabupaten Semarang bisa mematuhi aturan yang ada. Setidaknya paling lambat hari Jumat (9/7) sore THR sudah terbayarkan.
“Bisa saja jika sampai dengan hari Jumat ini THR belum diterimakan maka laporan ke Posko Pengaduan THR baru akan masuk mulai besok atau Sabtu (11/7),” katanya.
Sementara itu Ketua DPD Federasi Serikat Pekerja Nasional ( FKSPN), Sumanta, mengatakan, jika saat ini seluruh pekerja yang tergabung dalam organisasi, sekarang ini sudah mendapatkan THR di tempat mereka bekerja.
“Enam ribu pekerja dari sembilan perusahaan besar di kabupaten Semarang telah menerima haknya tersebut. , bahkan sudah ada sejak minggu kedua Ramadhan,” jelasnya. (wis)

To Top