Hormati Proses Hukum, IAS juga Minta Didoakan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hukum

Hormati Proses Hukum, IAS juga Minta Didoakan

FAJARONLINE, JAKARTA – Mantan Walikota Makassar Ilham Arief Sirajuddin (IAS) mengaku akan menghormati dan menghargai apa yang jadi keputusan dan akan mengikuti prosesnya.

Olehnya itu ia minta dukungan dan doa dari semua pihak pasalnya dirinya mengaku meskipun sudah melalui tahap demi tahap untuk lepas dari jeratan KPK, namun pada akhirnya ditahan juga.

“Walaupun saya sudah melalui tahapan-tahapan seperti praperadilan, saya minta doanya saja,” kata Pria yang berkuasa di Makassar selama sepuluh tahun itu.

Seperti diberitakan Jumat (10/7) kemarin, IAS resmi ditahan oleh Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Keputusan tersebut diambil KPK setelah dalam pemeriksaan perdananya sebagai tersangka dalam kasus transfer tata kelola air di PDAM Makassar tahun 2006-2012.

Dan perlu diketahui, lAS sempat lepas dari status tersangka setelah berhasil memenangkan sidang praperadilan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan pada12 Mei 2015 lalu. PN Jakarta Selatan mengabulkan gugatan Ilham lantaran KPK dianggap tak cukup bukti dalam menetapkannya sebagai tersangka.

KPK kemudian kembali menetapkannya menjadi tersangka dengan menerbitkan surat perintah penyidikan (Sprindik) baru. Dia dijerat dengan kasus yang sama, yakni, dugaan korupsi dalam pelaksanaan kerjasama rehabilitasi dan transfer tata kelola air di PDAM Makassar tahun 2006-2012.

Dalam kasus ini, IAS disangkakan melanggar Pasal 2 ayat 1 atau Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999, sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi junto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

loading...
Click to comment
To Top