Di Sulsel, Keluarga Petahana Lebih Optimis Menang – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Di Sulsel, Keluarga Petahana Lebih Optimis Menang

FAJARONLINE, BULUKUMBA – Keputusan Mahkamah konstitusi (MK) yang melegalkan keluarga petahana bisa ikut berpilkada merupakan angin segar kandidat dari kalangan keluarga petahana tersebut.

Misalnya saja, anak bupati Bulukumba Indrawanto Hasan. Setelah sempat langkahnya tertahan dalam perebutan kursi 01 Bulukumba, karena terhalang UU dinasti politik. H Amang nama sapaan Inrawanto Hasan dipastikan akan kembali bertarung.

Secara pribadi, ia kembali bersemangat untuk dapat melanjutkan perburuan partai untuk bisa maju bertarung di Pilkada Bulukumba. Tak hanya dia, yang merasakan kebahagian dengan diterimanya guguatan tersebut, seluruh simpatisan dan tim yang awalnya telah dibentuk mengaku senang karena bisa dapat bertarung.

“Paling tidak kami kembali memiliki peluang yang sama dengan figur lainya untuk bisa ber partau untuk dapat digunakan sebagai kendaraan pada pemilihan mendatang,”ujarnya, minggu 12 Juli.

Putra Bupati Bulukumba, ini mengaku telah sejak awal berkeyakinan jika guguatanya tersebut akan dikabulkan MK. Alasanya, negara telah menjamin hak konstitisional seluruh rakyatnya untuk bisa memilih dan dipilih dalam pentas demokrasi. Dijelaskanya, tidak ada yang salah jika dirinya ikut bertarung dalam perebutan kursi 01 di Bulukumba, Pasalnya, tidak menjadi jaminan kerabat dekat dari petahanan bisa memenangkan pertarungan.

“Yang incumben saja dan kembali maju bertarung tidak menjamin akan kembali menang. Semuanyakan dikembalikan ke rakyat, siapa yang dipilih nantinya. Setelah merampungkan disini, saya akan kembali menyusun strategi,”ujar H Amang, kemarin

Asal diketahui, dalam amar keputusan MK, lainya dimana anggota DPRD, DPD dan DPR-RI yang akan mencalonkan diri menjadi kepala daerah maupun wakil diharuskan membuat surat pengunduran diri dari jabatan saat resmi ditetapkan sebagai calon di KPU. Sebelumnya, aturan tersebut hanya berlaku buat PNS, TNI/Polri maupun BUMN, hanya aturan ini dinilai dikriminatif sehingga ini juga berlaku buat figur dari kalangan DPR.

Ditanya soal parpol yang akan dikendarainya, H Amang mengaku sangat optimis akan mendapatkan parpol. ” Saya percaya akan dapatkan dukungan parpol, kita lihat saja bagaimana kedepannya,” katanya kepada FAJAR, yang lagi mengikuti tes fit and proper tes di PPP Sulsel, sabtu 11 Julli.

Sebagai wakil Ketua DPD II Golkar Bulukumba, Ia tidak menapik bahwa berharap bisa mengenderai partai berlambang pohon beringin itu. ” Bagaimanapun saya adalah kader golkar. Tapi, semua bisa saja terjadi apalagi pendaftaran kan masih lama,” ungkapnya.

Bukan hanya Pada pilkada Bulukumba, menantu Bupati Selayar Aji Sumarno juga sangat optimis akan maju pada pilkada bulukumba.

Bahkan, Aji Sumarno Siap Letakan Jabatan Kadis Pendikan Selayar Mahkamah Konstitusi (MK) yang menerima gugatan penghapusan pasal dinasti politik dalam UU pilkada 2015 disikapi Kepala Dinas Pendidikan Selayar, Aji Sumarno dengan membulatkan tekad meninggalkan jabatannya.

Aji Sumarno yang juga menantu Bupati Selayar, Syahrir Wahab itui lebih memilih menjadi calon bupati (cabup) dan telah mempersiapkan diri melepas jabatan sebagai Kadis Pendidikan.

“Saya sudah siap mundur. Makanya setelah gugatan kami terhadap pasal dinasti resmi diterima MK, tekad saya sudah bulat maju sebagai bupati. Meski aturannya saya harus mundur dari jabatan saya sebagai Kadis Pendidikan,”ujarnya. (taq)

 

loading...
Click to comment
To Top