Jejaring Ini Bisa Cari Sejarah Keluarga Hingga Tahun 1740-an – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Internasional

Jejaring Ini Bisa Cari Sejarah Keluarga Hingga Tahun 1740-an

FAJARONLINE, DUBLIN – Satu jejaring baru diluncurkan pada Rabu (8/7) di Irlandia untuk memungkinkan masyarakat mencari sejarah keluarga mereka sampai tahun 1740-an.

Perpustakaan Nasional Irlandia (NLI) menciptakan layanan: http://registers.nli.ieyang gratis dan dapat diakses secara online dari mana saja di dunia.

Seperti dilansir Xinhua (Kamis, 9/7), layanan tersebut mengambil dari lebih 370 ribu citra digital dari koleksi mikrofilm pendaftaran paroki Katholik milik NLI. Layanan itu terutama terdiri atas catatan pembaptisan dan perkawinan dan mencakup lebih dari 1.000 paroki di seluruh Irlandia.

Saat upacara peluncuran, Perdana Menteri Irlandia Enda Kenny menggambarkan jejaring tersebut sebagai “fasilitas bagi diaspora di seluruh dunia”.

“Ini menarik dan masalah pribadi buat sangat banyak orang di seluruh dunia. Ini merupakan penghubung bukan cuma seluruh dunia, tapi seluruh masa,” katanya.

Sementara itu, Menteri Kesenian Irlandia Heather Humphreys mengatakan peluncuran jejaring tersebut melengkapi pekerjaan pencatatan sejarah keluarga.

“Sistem ini bisa meningkatkan pariwisata silsilah,” kata wanita menteri itu.(wid)

To Top