Makassar Street Soccer Siap Digelar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Makassar Street Soccer Siap Digelar

FAJARONLINE, MAKASSAR — Komunitas Anak Lorong dan Brigade 08 bekerja sama Pemkot Makassar, Dispora, serta Dinas Kota Pendidikan Makassar akan menggelar kejuaraan sepak bola jalanan. Kegiatan ini bernama Makassar Street Soccer atau sepakbola jalanan.

Rencananya, kegiatan yang juga diberi nama golo rong ini berlangsung seusai Idulfitri tahun ini di 143 kelurahan pada 14 kecamatan. Babak final diagendakan pada Agustus mendatang. Pesertanya anak lorong usia 10-17 tahun. Launching di Kelurahan Maccini Kecamatan Makassar.

Ketua Panitia Makassar Street Soccer, Mirdan Midding menjelaskan bahwa kegiatan ini murni ide Walikota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto. Sebab, walikota ingin menggalakkan kegiatan positif di tingkat remaja lorong.

“Selama ini anak lorong stigmanya negatif. Para pelaku geng motor diidentikkan para anak lorong. Makanya, kita membuat kegiatan ini supaya mencegah aksi anarkis kalangan remaja,” kata Mirdan seusai audiensi dengan walikota.

Mirdan menambahkan, kejuaraan sepakbola ini sangat unik. Peserta tak memakai sepatu dengan jumlah setiap tim lima orang dan tak menggunakan penjaga gawang. Pemenang pertandingan adalah tim yang banyak memasukkan bola ke dalam drum.

Ukuran lapangan adalah 8 x 30 meter menggunakan jalanan di setiap lorong. Menariknya lagi, ada time out setelah pertandingan berlangsung 10 menit dan time out dua kali dalam satu pertandingan. Saat jeda itu, diputar lagu-lagu daerah Bugis Makassar.

Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto yang akrab disapa Dany Pomanto menjelaskan, sudah lama konsep sepakbola jalanan ini dia buat. Makanya, saat ada pihak yang mau melaksanakannya, Dany langsung merespons positif.

Bahkan, Pemkot Makassar siap memberikan bantuan dana. “Sepakbola jalanan ini sangat bagus. Ini juga sindiran kepada PSSI yang belum bisa memberikan prestasi bagi sepakbola negeri ini. Kalau di lapangan hijau kita tak berprestasi, maka saatnya mengukir prestasi di sepakbola jalanan,” papar Dany. (ardi)

loading...
Click to comment
To Top