Tahun Ini Pemudik Kereta Api Meningkat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Tahun Ini Pemudik Kereta Api Meningkat

FAJARONLINE, JAKARTA – Kepala Humas Daop I PT KAI Bambang S. Prayitno mengatakan, jumlah pemudik tahun ini lebih banyak dibanding tahun lalu. Hal ini terlihat dari kereta fakultatif yang dialihfungsikan menjadi reguler. Kereta fakultatif adalah kereta cadangan yang dijalankan pada situasi tertentu.

“Dari data PT KAI, total ada 10 perjalanan kereta api dari fakultatif jadi reguler,” ucap Bambang di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Minggu (12/7).

Dia menjelaskan, ada 54 perjalanan kereta api reguler untuk mudik lebaran tahun ini. Itu adalah total perjalanan kereta api di Stasiun Gambir dan Pasar Senen. “Jumlah tempat duduk ada 27.488,” kata Bambang.

Sementara untuk kereta api tambahan ada 12 perjalanan. Dengan jumlah‎ tempat duduk sebanyak 7.416. Untuk kereta api fakultatif ada lima perjalanan dengan jumlah tempat duduk sebanyak 1.868.

“Kereta api fakultatif bisa sebagai kereta cadangan. Saat ini kereta fakultatif sudah‎ dijalankan. Daerahnya berbeda-beda tergantung kebutuhan,” ujar Bambang.

Sampai dengan H-6 lebaran, Bambang menyatakan, total penumpang yang sudah terangkut sebanyak 270.784 orang. ‎Jumlah itu terdiri dari penumpang di Stasiun Gambir sebanyak 80.863 orang, Stasiun Pasar Senen sebanyak 179.026 orang, dan stasiun lain dengan jumlah penumpang sebanyak 10.895 orang.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top