Banyak Mudik Gratis, Ribuan Calon Penumpang KA Batalkan Tiket – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Banyak Mudik Gratis, Ribuan Calon Penumpang KA Batalkan Tiket

JAKARTA – Moda transportasi kereta api selalu menjadi rebutan saat mudim mudik atau liburan lainnya. Jelang Lebaran, tiket perjalanan kereta api pun sudah ludes jauh-jauh hari.

Namun,  ternyata ada ribuan calon penumpang KA yang justru membatalkan tiket yang telah mereka beli jauh-jauh hari sebelumnya. Mengacu data Posko Mudik Stasiun Gambir, hingga H-6 atau Sabtu (11/7) , sudah ada 1.381 penumpang yang mengembalikan tiket (refund).

Kepala Stasiun Gambir Edy Koeswoyo mengatakan, ada beberapa sebab sehingga calon penumpang PT KAI membatalkan perjalanan dengan kereta dan mengembalikan tiket. “Penyebabnya banyak. Ada yang karena  ikut mudik gratis atau ikut kendaraan yang disediakan kantornya,” ujarnya.

Namun, PT KA tentu tidak mengembalikan uang tiket secara utuh. Untuk refund dikenai potongan 25 persen dari harga tiket. Batas waktu maksimal refund adalah 30 menit sebelum jadwal keberangkatan kereta api yang dipesan.

Hanya saja kata Edy, jumlah calon penumpang KA yang mengembalikan tiket memang tak sebanyak tahun lalu. “Setiap tahun jumlahnya berbeda. Ini masih lebih sedikit dibanding tahun lalu,” tuturnya.

Edy juga menyinggung soal upaya mengantisipasi calo tiket di Stasiun Gambir. Menurutnya, dengan sistem penjualan tiket secara online harusnya tak ada lagi praktik percaloan.

Selain itu, nama yang tertera di tiket juga harus sesuai dengan identitas penumpang. “Kan sekarang tiket sudahh sesuai identitas diri penumpang masing-masing. Jadi susah calo mau beraksi,” pungkasnya.(flojpnn)

loading...
Click to comment
To Top