Ini Cara Tepat Berinteraksi dengan Al-Quran – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Ini Cara Tepat Berinteraksi dengan Al-Quran

SHAH ALAM–Pimpinan Arrahman Quranic Learning (AQL) Islamic Center Ustadz Bachtiar Nasir, tak henti-hentinya mengajak umat Islam agar mencintai dan mempelajari Al Quran sebagai pedoman hidup. Salah satu cara berinteraksi dengan Al Quran yang paling disarankan adalah dengan cara tadabbur.

“Ada yang ingin mengahafalnya, ada yang ingin murojaah (mengulangi hafalan), ada yang hanya membacanya pada momen tertentu. Tetapi dari semua cara berinteraksi dengan Al Quran yang paling baik adalah tadabbur,” kata Ustadz Bachtiar saat menjawab salah satu pertanyaan peserta pada acara Nikmatnya Ngaji dan Tadabbur Al Quran oleh komunitas #MalaysiaNgaji di Shah Alam, Malaysia, Jumat (9/7).

Peserta tersebut menanyakan lebih penting mana Tadabbur Al Quran atau cukup membaca tafsir Al Quran. Menurut Ustadz Bachtiar, pada dasarnya keduanya sangat baik bagi seorang Muslim. Jangankan memahami tafsir Al Quran, membacanya saja sudah mendapatkan pahala. Namun, cara yang paling baik dalam berinteraksi dengan Al Quran adalah tadabbur.

“Ada satu kata tafsir dalam Al Quran tetapi ada empat kata tadabbur. Artinya, Al Quran lebih mendatangkan ketenangan jiwa dan pemahaman yang baik dengan bertadabbur. Apa bedanya dengan tafsir? Tafsir hanya bisa dilakukan oleh mereka yang ahli di bidangnya dan mufassir itu harus menguasai minimal 20 disiplin ilmu yang berbeda,” urainya. (fmc)

To Top