Konsultan Politik Tentukan Keterpilihan Cabup – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Politik

Konsultan Politik Tentukan Keterpilihan Cabup

FAJARONLINE, MAMUJU – Pilkada di Sulbar dipastikan berlangsung ketat dengan ramainya figur yang akan bertarung. Rata-rata memiliki elektabilitas saling berkejaran. Karena itu peran lembaga konsultan politik ikut memengaruhi kans keterpilihan calon tersebut.

Direktur Komunikasi dan Publikasi Indeks Politica Indonesia (IPI), Achmad Shabir mencontohkan pilkada Majene yang ketat antara Fahmi Massiara, Arifin Nurdin, dan Risal Sirajuddin. “Karenanya, potensi menang ketiga balon itu tergantung kerja tim dan kerja politik mereka. Karena pertarungan ketat, dibutuhkan strategi jitu dan metode khusus untuk bisa jadi pemenang pilkada,” ujar Achmad Shabir, Senin 13 Juli.

Menurut dia, dukungan elit dan parpol, jualan program, peran lembaga survei dan konsultan politik sangat dibutuhkan ketiga balon memenangkan pilkada Majene. Data mereka ketat dan kekuatan pendukung mereka relatif seimbang. “Jadi yang keluar sebagai pemenang yang tahu kelemahan dan kekuatan dirinya dan tentunya lawannya,” katanya.

Terpisah pengamat politik dari Universitas Bosowa 45, Dr Arief Wicaksono berpendapat tiga hal yang patut dipersiapkan calon bupati untuk maju bertarung di pilkada masing-masing dukungan elit politik dan tokoh berpengaruh, kos politik, serta wajib menggunakan lembaga survei dan konsultan politik agar dapat mengukur langkah pemenangan dan menakar kekuatan maupun kelemahan calon. (nur)

loading...
Click to comment
To Top