Krisis Air di Temanggung Bisa Terjadi Saat Lebaran – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Krisis Air di Temanggung Bisa Terjadi Saat Lebaran

TEMANGGUNG, RAJA – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Agung Temanggung meminta kepada pelanggannya agar lebih hebat dalam pemakaian air dalam berlebaran nanti. Pasalnya, di H-2 hingga H + 1 penggunaan air akan terjadi pembengkakan dua kali lipat dari biasanya. Hal tersebut bisa saja menyebabkan krisis air bersih, apalagi saat ini memasuki musim kering
Hal ini disampaikan Direktur Utama PDAM Tirta Agung Temanggung, Suparto Edy Sucahyo. Penggunaan air secara besar-besaran akan terjadi dalam waktu bersamaan, sehingga berdampak krisis air di beberapa tempat.
“Moment lebaran kan biasanya momen kumpul keluarga , jadi jumlah anggota bertambah banyak imbasnya pemakaian air meningkat ,belum lagi kegiatan mencuci berbagai peralatan semuanya dilakukan waktu bersamaan. Dalam satu rumah penggunaan air bisa sampai dua hingga tiga kali lipat dari biasanya,” terang Edi.
Upaya antisipasinya diimbau agar pelanggan dapat menampung air di malam hari. Supaya kebutuhan air keesokan hari dapat terpenuhi.
Untuk lebaran tahun ini pihaknya akan melakukan upaya antisipasi , diantara nya menyiagakan dua petugas di setiap shift pada delapan kantor unit PDAM. Mereka bertugas apabila ada pelanggan yang mengeluhkan kerusakan pasokan air di tempatnya. Delapan kantor unit tersebut meliputi Kantor Unit Temanggung, Kedu, Parakan, Jumo, Tembarak, Pringsurat dan Kranggan.
“Untuk unit Temanggung kami siapkan satu tanki dengan daya tampung sebesar empat kibik. Ini untuk mengantisipasi kekurangan air sehingga dapat dimanfaatkan untuk warga di sekitar Temanggung,” tandasnya.
Edi mengimbau agar para warga Temanggung khususnya para pelanggan PDAM lebih berhemat dalam pemakai air , agar semua tercukupi. Apalagi saat ini memasuki musim kering yang mengurangi jumlah debit air. (din)

loading...
Click to comment
To Top