Sopir Bus di Terminal Purwodadi Dites Urine – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Sopir Bus di Terminal Purwodadi Dites Urine

GROBOGAN, RAJA – Guna mengantisipasai penyalahgunaan narkoba yang lebih luas, IPWL Grobogan bekerjasama dengan Polres Grobogan menggelar tes urine bagi sopir bus antar kota dalam provinsi (AKDP) jurusan Purwodad-Solo, Kudus, Pati dan Demak di terminal induk Purwodadi kemarin. Setidaknya ada belasan sopir bus tak luput dari pemeriksaan psikotropika. Namun dari tes urine tersebut dinyatakan negatif.

Kapolres Grobogan AKBP Indra Darmawan Irianto melalui Kasatnarkoba Polres Grobogan AKP Sucipto mengatakan, dalam tes itu bisa diketahui langsung hasilnya melalui penggunaan rapid test (tes cepat). Dimana sopir bus dilarang keras memakai narkoba. Sebab, hal itu sangat membahayakan sehingga dapat memicu kecelakaan lalulintas (lakalantas).
”Ini sebagai antisipasi peredaran narkotika bagi pengemudi kendaraan dan bisa membahayakan sopir dan para penumpang,” jelasnya.
Selain itu masih menurut AKP Sucipto, para sopir dalam mengemudi harus bisa menjaga kesehatannya. Ini diperlukan agar keselamatan penumpang dapat terjamin dengan baik. Apalagi mereka selalu berada di jalanan dan membutuhkan tenaga yang kuat.
“Untuk melakukan tes urin ini, kita terjunkan langsung dokter kesehatan (Dokkes) dan bekerjasama dengan IPWL (Institusi Penerima Wajib Lapor) Grobogan,” tambahnya.
Dijelaskan,tes urin bagi para pengemudi bus tersebut untuk antisipasi keselamatan di jalan raya terutama menjelang perayaan Idul Fitri mendatang. Sementara itu, dalam tes urin itu, para sopir bus tampak antusias untuk mensukseskan tes narkoba tersebut. Sopir bus diminta langsung mengambil wadah kecil untuk tempat air kencing. Setelah diisi air kencing, wadah tersebut diserahkan kepada petugas Dokkes untuk diteliti lebih lanjut.
”Tes urine tidak hanya sekali saja. Tetapi akan dilakukan secara acak kepada para sopir. Kedepan dua atau tiga hari akan kami gelar lagi,” ujarnya.
Sementara itu Junaedi pengurus IPWL Grobogan Junaedi mengatakan, pemeriksaan tes urine untuk membantu dalam menekan peredaran narkoba di Kabupaten Grobogan. Jika nanti ditemukan sopir atau penumpang yang positif akan dilakukan rehabilitasi.
”Bagi yang positif kami akan membantu dalam rehabilitasi untuk penyembuhanya,” terangnya. (awg)

To Top