Awas, Ditemukan Makanan Diduga Ada Zat Bahayanya – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Awas, Ditemukan Makanan Diduga Ada Zat Bahayanya

TEMANGGUNG, RAJA – Petugas gabungan dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Disperindagkop) dan Dinas Kesehatan serta Satpol PP Kabupaten Temanggung Senin (13/7) menggelar sidak dan monitoring makanan di Pasar Kliwon Kota Temanggung. Hasilnya, petugas menemukan makanan yang diduga mengandung zat berbahaya.

Kepala Disperindagkop Kabupaten Temanggung, Ronny Nurhastuti, mengatakan bahwa beberapa makanan yang diperiksa secara kasat mata diduga mengandung zat berbahaya. “Oleh karena itu kita akan lakukan uji laboratorium di Dinas Kesehatan untuk memastikan apakah benar makanan tersebut mengandung zat seperti borax, formalin, atau pewarna pakaian,” katanya.
“Seperti ikan asin atau teri, warnanya putih bersih dan tidak di ada lalat bisa jadi ikan-ikan itu memiliki kandungan formalin atau zat-zat pengawet berbahaya lainnya,” terang Ronny.
Bahan makanan yang dicurigai mengandung zat berbahaya adalah apem karena diduga memiliki pewarna buatan. Hal ini tampak dari warnanya yang sangat cerah.
“Makanan makanan yang kita ambil tadi akan kita lakukan uji laborotarium di Dinas Kesehatan Temanggung. Apabila benar mengandung bahan berbahaya, pedagangnya akan kita lakukan pembinaan agar tidak menjual produk tersebut, namun apabila membandel tentu kita proses sesuai dengan peraturan,” katanya.
Roni mengukapkan, selain sidak pihaknya juga melakukan monitoring harga jelang lebaran. Dari pantauan walaupun ada sedikit lonjakan namun masih terjangkau oleh masyarakat. Stok juga masih terpantau aman untuk lebaran.
“Ada lonjakan harga daging, daging ayam naik 6 ribu rupiah per kilonya, sedangkan daging kambing dan sapi naik 5 ribu per kilonya. Sementara bahan pokoknya relatif cenderung stabil,” pungkasnya. (din)

loading...
Click to comment
To Top