Dua Terdakwa Bansos Dituntut 3 Tahun Penjara – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Dua Terdakwa Bansos Dituntut 3 Tahun Penjara

FAJARONLINE, MAKASSAR – Sidang kasus dugaan korupsi dana bantuan sosial (bansos) Sulsel 2008 di Pengadilan Tipikor Makassar memasuki babak baru, Rabu 15 Juli. Dua dari empat terdakwa dalam kasus itu, Mujiburrahman dan Kahar Gani dituntut masing-masing tiga tahun penjara potong tahanan dengan denda Rp50 juta, subsider tiga bulan penjara. “Terdakwa terbukti sah dan meyakinkan telah menguntungkan diri sendiri dan orang lain,” ujar jaksa Abdul Rasyid.

Rasyid mengatakan keduanya melanggar pasal 3 undang-undang pemberantasan tindak pidana korupsi. “Mujiburrahman terbukti telah menerima uang bansos senilai Rp700 juta menggunakan selembar cek. Uang tersebut diperuntukkan tujuh lembaga swadaya masyarakat yang diketahui fiktif,” katanya.

Kemudian untuk terdakwa Kahar Gani juga diduga mencairkan dana sebesar Rp720 Juta dari lima lembar cek dari proposal yang diajukan ke Pemprov Sulsel. “Para terdakwa mengakui telah menyerahkan dana itu ke terdakwa, mantan legislator DPRD Sulsel, Muhammad Adil Patu,” kata Rasyid. Kedua terdakwa tidak dibebankan mengganti kerugian negara karena kerugian negara dalam kasus senilai Rp8,8 miliar sudah dikembalikan ke kas negara. Pengacara Mujiburrahman, Muhammad Thahir Abdullah, menyatakan mengajukan pembelaan atas tuntutan jaksa tersebut. (jai)

loading...
Click to comment
To Top