An Nadzir Pedomani Permukaan Laut Galesong-Tolitoli – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

An Nadzir Pedomani Permukaan Laut Galesong-Tolitoli

FAJARONLINE, SUNGGUMINASA – Jemaah An Nadzir di Desa Mawang, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa sudah melaksanakan salat idulfitri 1436 hijriah, pagi tadi, Kamis 16 Juli di area kebun sawit milik Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian (STPP) Mawang. Salat idulfitri itu lebih cepat dari penentuan pemerintah yang baru melakukan sidang itsbat 1 Syawal, malam nanti. Jemaah An Nadzir telah mengakhiri ramadan tahun ini dengan menggelar buka puasa bersama pada pukul 15.00 Wita, Rabu kemarin.

Pimpinan jemaah An-Nadzir Gowa, Ustaz Lukman meyakini bila berbuka puasa di saat matahari masih terik atau sekitar pukul 15.00 Wita, karena waktu demikian sudah memasuki 1 Syawal 1436 Hijriyah. An Nadzir punya pertimbangan sendiri dalam menentukan 1 Syawal. “Kita melakukan perhitungan bermula dari terbitnya bulan purnama, bertepat pada 15 pada penanggalan Hijriah. Karenakan cara itu sangat ideal saat kita menghitung” ujarnya seusai memimpin salat id.

Selain itu, juga berpedoman pada pasang-surutnya permukaan air laut. Walau kata dia, metode itu sekadar pelengkap. “Kemarin air laut surut kering ketika oukul 3 dari hasil pantauan jemaah dari pantai Galesong dan Tolitoli,” ungkapnya.

Dia menambahkan karena yakin 1 Syawal jatuh pada pukul 15.00 Wita kemarin, namun tidak memungkinkan melaksanakan gaib idulfitri. “Jadi kita undur pada pagi hari inim” tuturnya. (jai)

loading...
Click to comment
To Top