Kena Imbas Abu Raung, Bandara Madura Ditutup – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Kena Imbas Abu Raung, Bandara Madura Ditutup

JAKARTA – Bandar Udara Trunojoyo di Kabupaten Sumenep, Madura ikut kena imbas erupsi Gunung Raung di perbatasan Banyuwangi dan Bondowoso, Jawa Timur.

Mulai malam ini bandara di ujung timur Pulau Madura itu ditutup sementara. “‎Bandar Udara Sumenep Madura dinyatakan ditutup sementara mulai hari ini (16/7) pukul 19.17 WIB hingga besok (17/7) pukul 06.00 WIB,” kata Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan J.A. Barata ‎dalam keterangan tertulis, Kamis (16/7).

Barata menjelaskan, penutupan bandara dilakukan berdasarkan NOTAM (notice to airmen) nomor C0559/15 yang ‎NOTAM dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara sore tadi. Penerbitan NOTAM itu berdasar arah angin yang membawa abu vulkanik dari erupsi Gunung Raung.

Menurut Barata, NOTAM penutupan bandara akan terus diperbaharui sesuai dengan kondisi nyata perkembangan di lapangan.  “Abu vulkanik Gunung Raung mengarah ke barat laut dengan ketinggian 19.000 feet dan kecepatan 10 knot (ASHTAM nomor 0111),” tandasnya.(gil/jpnn)

To Top