Kalian Ngekos? Waspada Modus Baru Curanmor Ini! – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hukum

Kalian Ngekos? Waspada Modus Baru Curanmor Ini!

FAJARONLINE,  SURABAYA – Bagi yang tinggal di tempat kos, kini harus lebih waspada jika ada penghuni kos baru. Mungkin saja mereka komplotan curanmor spesialis yang menyaru sebagai penghuni kos. Modusnya, dengan memanfaatka kelengahan penghuni lainnya dan begitu dirasa aman para komlpotan ini mengundang teman-temannya untuk beraksi. Pasalnya Unit Kejahatan dan Kekerasan (Jatanras) Satreskrim Polrestabes Surabaya berhasil mengungkap dan menangkap empat orang modus pencurian

Mereka adalah Fauzen Adim, 28, warga Tanah Merah, Bangkalan; Ali Fahmi, 22, Kwanyar, Bangkalan; Fuadi, 23, Kwanyar, Bangkalan; dan Junaidi, 25, warga Sidotopo.

Empat tersangka itu terbagi dalam dua kasus. Fauzen, Ali, dan Fuadi merupakan komplotan pencurian motor. Sementara itu, Junaidi adalah penadah yang menampung motor hasil curian komplotan tersebut.

Kasatreskrim Polrestabes Surabaya AKBP Takdir Mattanete menyatakan, modus yang dilakukan komplotan itu termasuk profesional. Mereka mau mengeluarkan uang untuk modal sehingga aksinya bisa berjalan lancar. ”Dan memang terbukti berhasil,” ujarnya.

Kasubbaghumas Kompol Widjanarko menambahkan, sebelum mencuri, Fuad sebagai pentolan komplotan itu mencari sasaran yang akan dijarah. Dia berkeliling mencari kos-kosan yang dianggap potensial untuk digasak.

Hingga akhirnya komplotan itu berhasil mendapat kos di Jalan Putat Jaya. Fuad lantas melamar pengelola untuk bisa menyewa satu kamar di sana. Tersangka pun membayar sewa kos, namun hanya sebulan.

Ketika semuanya sudah tergambar, Fuad baru bisa menentukan waktu yang tepat untuk beraksi. Saat itulah dia mengkode tiga temannya sembari menunjukkan ciri-ciri kendaraan yang akan disasar. Dengan begitu, aksinya bisa mulus.

Sementara itu, Fuad mengaku merancang modus tersebut bersama teman-temannya. Hasil pencurian dijual ke Madura. Dia mendapat bagian Rp 750 ribu per motor. (eko/mas/git)

 

loading...
Click to comment
To Top