Arus Pendek Jadi Penyebab Terbakarnya Bus Transjakarta – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Arus Pendek Jadi Penyebab Terbakarnya Bus Transjakarta

JAKARTA – Bus Transjakarta dengan nomor badan DMR-008 sempat mengeluarkan asap di Halte Stasiun Jatinegara, Sabtu (18/7) pukul 11.40 WIB. Hal ini ternyata disebabkan hubungan pendek pada kabel accu (baterai).

Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Antonius NS Kosasih menjelaskan, awalnya petugas di armada Transjakarta menerima laporan tentang adanya asap di bagian belakang bus itu. Ada penumpang yang melihat percikan api di bagian bawah mesin bus.

Pengemudi Tranjakarta DMR-008 pun langsung turun tangan dan hanya butuh 5 menit untuk memadamkan api. Namun, bus tersebut tidak bisa langsung dioperasikan lagi karena menunggu pemeriksaan dari teknisi.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan teknisi masalah terjadi akibat hubungan pendek pada kabel accu (baterai) yang mengalami hubungan pendek sehingga membakar pembungkus kabel. Tiupan kipas mesin menyebabkan timbulnya asap. Mesin bus tersebut sendiri dalam kondisi baik,” ucap Kosasih dalam keterangan tertulis, Sabtu (18/7).

Kosasih mengungkapkan, bus yang mengalami kerusakan itu bermerk INOBUS tahun produksi  2011 dan yang baru dioperasikan pada 2012. “Bus DMR-008 tersebut bermerk INOBUS dan dioperasikan oleh DAMRI yang merupakan salah satu operator Transjakarta,” tandas Kosasih.(gil/jpnn)


Click to comment
To Top