Pengeluaran Masjid Al Markaz Rp25 Juta Per Hari – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Pengeluaran Masjid Al Markaz Rp25 Juta Per Hari

MAKASSAR, FAJAR–Anggaran belanja masjid Al Markaz selama bulan Ramadan mencapai kurang lebih Rp750 juta. Bagaimana tidak, belanja per hari masjid termegah di Sulsel itu mencapai Rp25 juta per hari.

Ketua BPH Ekonomi dan Keuangan sekaligus penanggung jawab bazar ramadan, Najamuddin Majid mengatakan pengeluaran yang lumayan besar itu salah satunya bukapuasa bersama sepanjang bulan Ramadan dan sahur ditambah dengan biaya lain-lainnya.

“Untuk biaya belanja bukabersama setiap malam itu kurang lebih Rp12 juta, ditambah dengan biaya-biaya lainnya,” beber Najamuddin seusai salat Idulfitri, Jumat 17 Juli.

Ketua Panitia Amaliah Ramadan Yayasan Masjid Al Markas, Nazykur Yusuf juga menjelaskan untuk pengeluaran buka puasa bersama memakan dana kurang lebih Rp12 juta, ditambah biaya untuk sahur yang sengaja disediakan pada sepuluh terakhir ramadan bagi jamaah yang melaksanakan salat lail, serta biaya-biaya lainnya.

“Kami memang siapkan untuk 1.000 sampai 1.200 orang per malam. Sedangkan untuk sahur kami selenggarakan pada 10 hari terakhir Ramadan bagi jamaah yang melaksanakan salat lail di masjid ini, kami siapkan makanan untuk 200 sampai 450 orang, serta biaya lainnya. Jadi, belanja perhari masjid ini kurang lebih 25 juta per hari,” bebernya.

Menurut dia, hal itu adalah wajar. Selain dengan harga bahan pokok yang semakin tinggi, di tambah dengan biaya operasional serta biaya perawatan masjid setiap harinya.

Walau demikian, kata Dia, pengeluaran yang lumayan besar itu dapat tertanggungi dengan pemasukan Masjid Al Markaz. Dana yang berhasildi himpunnya selama Ramadan mecapai target, yakni berkisar satu miliar.”Itu diluar infak melalui celengan,” bebernya.

Nasykur menambahkan, ada hal berbeda dari ramadhan tahun ini dengan ramadhan tahun kemarin, perbedaan itu terdapat pada pelaksanaan salat tarawih ala Haramain yakni pembacaan Alquran oleh imam salat tarawih 1 juz per malam, sekaligus penghafalan Alquran 1 juz per hari yang dilakukan oleh para hafidz serta pawai takbir keliling kota Makkassar.” Tiga hal itu yang berbeda dengan Ramadan tahun lalu,” katanya.

Terpisah Pengawas Laporan Kotak Amal Masjid Al Markaz sekaligus koordinator keamanan Masjid Al Markaz, Kurniawan mengaku jumlah celengan yang terkumpul di Masjid Al Markaz ini sewaktu pelaksanaan salat idul fitri, Jumat 17 Juli kemarin mencapai Rp142 juta.”Tadi (subuh, 18 Juli) kami hitung, semuanya Rp142.180.000,”bebernya. (mp3/aci)

loading...
Click to comment
To Top