Deretan Kasus yang Pernah Ditangani OC Kaligis – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Deretan Kasus yang Pernah Ditangani OC Kaligis

JAKARTA – Siapa yang tidak mengenal pengacara kondang, OC Kaligis. Sudah ribuan perkara ditangani bendera O.C. Kaligis & Associates. Latar belakang manusia yang dibelanya juga amat beragam. Dia pernah mendampingi mantan presiden hingga kuli bangunan.

Namun, beberapa waktu lalu, Kaligis sempat melontarkan ucapan akan menutup kantor lawyer-nya. Jika ucapan itu betul-betul terwujud, maka akan menjadi kabar yang menggegerkan dunia pengacara Indonesia. Bagaimana tidak, O.C. Kaligis bisa disebut sebuah ikon di dunia lawyer tanah air.

Beberapa kasus besar yang pernah ditangani Kaligis adalah kasus pencemaran nama baik RS Omni Tangerang dengan terdakwa Prita Mulyasari; skandal video porno mirip artis Ariel Peterpan, Luna Maya, dan Cut Tari; serta kasus suap wisma atlet M. Nazaruddin. Mantan Presiden H M. Soeharto dan B.J. Habibie juga pernah menjadi kliennya. Demikian pula artis-artis terkenal seperti Lydia Kandou, Onky Alexander, dan Zarima.

Kasus yang ditanganinya tidak hanya terbatas di Indonesia. Kaligis pernah menangani kasus-kasus di luar negeri seperti Garnett Investment di Guernsey, Swiss; Sonira Foundation di Liechtenstein; serta Moh. Said (pilot Garuda) di Belanda.

O.C. Kaligis mengaku sejak dirinya ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK, karirnya terjun bebas. Kini tidak ada orang yang memakai jasa firma hukum (law firm) bentukannya itu. “Hancur saya punya karir,” ucapnya lirih.

Minimnya klien yang memakai jasa kantornya membuat Kaligis berniat menutup kantornya. Pria yang pernah menulis perjalanan karirnya dengan judul Manusia Sejuta Perkara itu mengatakan dalam waktu dekat akan mengutarakan niatnya tersebut ke seluruh anak buahnya. (aph/kim/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top