Lebaran, Bupati Ini Bagi-Bagi Batu Akik – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hiburan

Lebaran, Bupati Ini Bagi-Bagi Batu Akik

PARIGI MOUTONG – Fenomena batu akik semakin menggila. Jika, biasanya saat open house Idul Fitri, para pejabat memberikan amplop bagi warga yang kurang mampu. Tapi yang dilakukan Bupati Parigi Moutong (Parimo) Sulawesi Tengah, Samsurizal Tombolotutu ini tergolong unik. Dia tidak nyawer uang, melainkan membagi-bagikan batu akik.

Mengetahui Bupati membagi-bagikan batu akik, warga yang datang secara bergelombang berebutan untuk mendapatkan batu akik yang sudah dipotong dalam bentuk ukuran kecil.

Menurut Bupati, batu akik yang dibagi-bagikannya itu semuanya adalah batu lokal Parimo yang sudah bersertifikat. “Jumlah sekitar 3.000-an yang sudah dipotong-potong kecil. Karena saat ini lagi demam batu akik, maka saya berinisiatif membagi-bagikan batu akik kepada warga yang datang bersilaturahmi ke rumah jabatan ini. Jika saya membagi-bagikan uang mungkin akan dinilai sebagai gratifikasi,” ujar Samsurizal, Senin, (20/7).

Samsurizal mengaku sebagai pengoleksi berbagai jenis batu akik, terutama batu akik lokal Parimo yang dibelinya dari berbagai kecamatan di wilayah Kabupaten Parimo.

“Sudah puluhan juta uang pribadi saya gunakan untuk membeli batu akik dalam bentuk bongkahan dari masyarakat. Setelah itu dipotong dalam bentuk ukuran kecil lalu dibagikan kepada masyarakat. Hal ini saya lakukan agar batu akik lokal Parigi Moutong memiliki nilai jual yang tinggi, sekaligus memotivasi masyarakat agar terus mencari batu akik jenis baru,” jelas Samsurizal, sambil memamerkan koleksi puluhan jenis batu akik miliknya yang sudah menjadi cincin. (rus/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top