Hentikan Berita Provokatif Terkait Konflik Tolikara – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Hentikan Berita Provokatif Terkait Konflik Tolikara

FAJARONLINE, TOLIKARA — Tim peneliti dari Balai Litbang dan Diklat (Balitda) Kementerian Agama RI (Kemenag) memulai tugasnya di Kabupaten Tolikara. Sebelum terjun ke lapangan, mereka audiensi dengan Bupati Tolikara Usman Wanimbo dan Presiden GIDI Dorman Wandikbo.

“Sudah ada beberapa gambaran mengenai duduk perkara.Kami disini hingga 25 Juli dan masih banyak yang harus diteliti,” kata peneliti Balitbang Agama dari Makassar, Sabara Nuruddin, Selasa 21 Juli.

Namun demikian, Sabara menegaskan agar pemberitaan bernada provokatif dihentikan agar tidak memicu konflik berkepanjangan. “Yang terjadi disini adalah konflik lokal, tidak perlu dibesar-besarkan apalagi memprovokasi, apalagi mengajak perang,” tegasnya.

Saat audiensi, Presiden GIDI Dorman Wandikbo menyampaikan permohonan maafnya atas kisruh yang terjadi akibat insiden tersebut. Dorman menyebut kejadian itu bermula dari salah paham antar dua kelompok masyarakat yang berujung pada pembakaran kios.

“Tidak ada niat menghalangi ibadah umat Islam. Yang dibakar warga adalah kios yang apinya merembet ke mushalla. Bangunan kios itu memang berdekatan dengan mushalla,” urainya dihadapan tim peneliti. (ris)

Click to comment
To Top